Menyusuri Gua Terindah di Asia Tenggara

Selasa, 08 Maret 2022 09:42 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Editor:Amirudin Zuhri

GONG5.jpg
Gua Gong (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Pacitan terkenal dengan julukan 1001 Gua. Dan salah satu yang sangat terkenal di Pacitan bahkan diakui hingga ke mancanegara, goa ini adalah Gua Gong. 

Bahkan ada yang menyembut kalau gua gong merupakan gua paling indah se-Asia Tenggara. Gua  Gong berjarak 21 km dari Alun-alun Pacitan, letaknya berada di Dusun Pule Desa Bomo Kecamatan Punung.

Ketika mulai memasuki mulut goa akan langsung disuguhkan dengan stalaktit dan stalakmit. Bebatuan ini terbentuk secara alami dari tetesan-tetesan air yang terus menetes ke dalam gua. 

Menurut Mulyadi, pemandu wisatawan Gua Gong mengatakan, Panjang lorong-lorong gua  kurang lebih sekitar 256 meter, ukuran beberapa ruangan di Gua Gong sekitar panjang 100 meter, lebar mencapai 5 hingga 40 meter dan tinggi kurang lebih 20 sampai 30 meter.

Bagiand alam Gua Gong/Dias Lusiamala

Keajaiban alam seperti ini membuat siapapun yang memasuki Gua Gong bakal dibuat berdecak kagum. Bentuk dari stalaktit dan stalakmit juga sangat bervariasi dan memilki ukuran yang besar. 

Lampu warna-warni menghiasi hampir di penjuru ruangan gua menambah cantik kawasan Gua Gong.  Butuh waktu  hampir 2 jam untuk menyusuri lorong-lorong Gua Gong. Jalanan di dalam sudah dibentuk tangga yang naik turun, hal ini memudah wisatawan saat menyusuri gua. 

Di akhir sebelum pintu keluar goa, wisatawan akan disuguhkan dengan stalaktit yang begitu besar tergantung di langit-langit goa. Stalaktit itu bisa dipukul, ketika dipukul akan berbunyi seperti suara gong yang nyaring. 

"Kenapa dinamakan Gua Gong, karena suara stalaktit yang dipukul barusan berbunyibseperri gong digamelan,"  kata Mulyadi Senin (07/03/2022)

Bagiand alam Gua Gong/Dias Lusiamala

Harga tiket masuk wisatawan sebesar Rp15.000 per orang. Jika para pengunjung membutuhkan alat penerangan saat hendak menyusuri gua, ada banyak penyewa senter yang siap menawarkan jasanya di pintu masuk gua.  

 

Gua Gong buka setiap hari 

Bagiand alam Gua Gong/Dias Lusiamala

Mulai pukul 08.00 hingga 17.00 wib. Selain itu bagi wisatawa yang hendak berkunjung  dengan rombongan tidak perlu khawatir karena parkir di cukup luas, bisa untuk bus besar, minibus, mobil dan motor.