Pacitan Kembangkan Kelas Kewirausahaan Bagi Siswa SMK

Senin, 21 Februari 2022 17:46 WIB

Penulis:AZ

Editor:AZ

 SMKN 2 Donoroj
SMKN 2 Donoroj (Ist)

PACITAN-   Dinas Koperasi Usaha Mikro dan Perindustrian (Dikuperin) Pacitan melakukan terobosan dengan menjalin kemitraan dalam hal pengembangan kewirausahaan dengan berbagai pihak termasuk dengan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

SMKN 2 Donorojo dipilih dalam kerjasama tersebut karena memiliki kelas APHP (Agrobisnis Pertanian Dan Hasil Pertanian), seperti tepung mocaf, keripik atau ketela. Hasil produksi sekolah ini sudah banyak diketahui oleh masyarakat sekitar. 

Endang Agustini, selaku Kepala SMKN 2 Donorojo menyambut baik dan mengharapkan kerjasama ini dapat segera terlaksana dengan menyesuaikan kurikulum pembelajaran.

“SMKN 2 Donorojo sudah mulai mengajukan BLUD, sudah punya produk sendiri, akan tetapi penghasilannya masih jauh dari yang diharapkan, inilah kondisi yang dihadapi SMKN 2 Donorojo.” Ucap Endang Agustini (17/02/2022).

 Endang Agustini juga menginginkan adanya dukungan untuk bisa membantu SMKN 2 Donorojo dalam meningkatkan kualitas produk, perizinan maupun pemasaran.

Dengan kondisi tersebut Dikuperin melalui PLUt KUMKM Pacitan, akan Ikut serta dalam membantu proses pengembangan kewirausahaan baik dalam proses disekolah maupun pasca setelah lulus sekolah dengan melakukan pendampingan usaha.

Langkah selanjutnya yang akan dipersiapkan adalah penyusunan MOU dan pembuatan jadwal kegiatan, dimana MOU ini akan melibatkan Dinas Pendidikan sebagai lembaga yang membawahi semua SMKN di Kabupaten Pacitan.

Dengan adanya kemitraan yang dilakukan oleh Dikuperin dan SMKN 2 Donorojo ini, dapat membantu mewujudkan harapan bagi SMKN 2 Donorojo untuk meningkatkan kualitas produk, perizinan, serta pemasaran produknya