Pacitan Kembangkan Taman Keanekaragaman Hayati Seluas 11,8 Hektare

Sabtu, 12 Februari 2022 11:21 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Editor:AZ

taman.jpg
Tanaman porang di taman kenekaragaman hayati

PACITAN-Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Pacitan mencanangkan pembangunan taman kenekaragaman hayati. Taman ini akan menggunakan lahan seluas sekitar 11,8 hektare yang ada di sekitar lereng Gunung Gembes di Desa Bangunsari, Kecamatan Bandar. 

Di atas tanah dengan luas 11,8 Ha ini mulai ditanamin tumbuhan porang oleh Dinas Lingkungan Hidup Pacitan. 

“Iya ini sedang ditanami Porang, nantinya akan dijadikan tempat eko wisata,” kata Misgianto S.Sos, Kepala Seksi Operasional dan Pemeliharaan DLH Pacitan kepada Halopacitan Jumat 11 Februari 2022.

Menurut Misgianto potensi dari taman keanekaragaman hayati in nanti prediksinya, bisa menjadi sumber ekowisata dan  mendatangkan 550 orang pertahun. Kawasan ini juga akan menjadi taman edukasi lingkungan hidup, dan menjadi tempat pembibitan tanaman holtikultura. 

Survei lahan/Dias Lusiamala

Selain itu taman ini juga berpontensi sebagai pusat pelatihan pertanian pedesaan, dan pengolahan hasil hutan bukan kayu (anyaman). Bibit seperti empon-empon pun nantinya akan ditanam dilahan ini, dan panen potensialnya bisa mencapai sekitar 15 ton pertahun. 

Pihak DLH melibatkan warga sekitar lokasi dalam pembudidayaannya.  “Tujuan jangka panjang taman ini  untuk meningkatkan kemampuan perekonomian masyarakat dalam jangka panjang, “ katanya.