Pedagang Buah Kebanjiran Pembeli

Selasa, 12 April 2022 12:12 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Pedagang buah 1.jpg
Pedagang buah di kompleks terminal Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Pedagang  buah di komplek kios buah terminal Pacitan  ikut kecipratan peningkatan penjualan selama Ramadan.

Rata-rata pembelian buah perorangnya bisa sampai 3kg.  Aneka jenis buah yang dijual di kios buah Terminal Pacitan ini antara lain seperti buah jeruk, buah melon, buah semangka, blewah, dan lainnya. 

Penjualan buah yang paling dicari pembeli adalah blewah,  melon,dan  semangka. Harga perkilo untuk buah melon dan  semangka dibanderol dengan harga Rp10.000, sedangkan blewah perkilonya kisaran Rp8,000. Buah-buah di kios ini rata-rata dipasok dari DIY dan sekitarnya. 

"Alhamdulillah selama Ramadan ini banyak terjadi peningkatan penjualan dibanding dengan Ramadan tahun lalu, karena tahun ini kan sudah banyak yang diizinkan untuk mudik. Jadi pemudik yang pakai trandportadi bus turunya kan di terminal sini. Jadi mereka sempatkan mampir ke kios saya untuk membeli buah sebelum pulang ke rumah,” kata Dinda Susanti pedagang buah Senin (11/04/2022)

Dinda Susanti sudah berjualan hampir 30 tahun sebagai pedagang buah. Walau tempat jualannya dulu sering berpindah-pinda. Hingga akhirnya menetap di Kompleks kios buah Terminal Pacitan. Kios yang saat ini, Dinda tempati ukurannya cukup luas dibandingkan dengan kios yang sebelumnya pernah dipakai.

Selain itu pembeli yang datang ke kios Dinda tak hanya berasal dari yang datang menggunakan bus ke Pacitan. Namun ada juga warga sekitar lokasi kios. 

"Beli pisang dan semangka. Seharian hawanya panas, kepikirannya semangka karena cocok dibikin es buah, apalagi dimakan langsung aja udah seger. Kalau pisangnya ini buat camilan aja. Saya lihat berita kata Wakil Presiden makan 2 buah pisang bisa bikin kenyang." ,Kata Vika Cristiani (34) warga Desa Ploso.