Pemuda Pacitan Ini Sukses Mengundang Uang dengan Ular

Senin, 06 Juni 2022 11:09 WIB

Penulis:Dias Lusiamala

Fendi.jpg
Yusuf Efendi dengan ular koleksinya (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Bagi sebagian orang, reptil adalah binatang yang menakutkan hingga harus dihindari. Tetapi bagi  pemuda asal Pacitan ini, hewan tersebut adalah sahabat dan justru membantu mendapatkan rezeki.

Yusuf Efendi (22) pemuda asal Pacitan ini meraup untung dari berbisnis koleksi reptil. Bisnis ini sudah dijalankan Fendi sapaan akrabnya, sejak tahun 2018 lalu. Dia  berjualan dari rumahnya, secara online.

“Saya mulai menyukai reptil sejak 4 tahun terakhir. Awalnya beli biawak jawa atau sliro seharga Rp 9 juta. Sekarang sudah berkembang biak. Setelah itu menambah memelihara ular,” kata Fendi, Sabtu (04/06/2022).

Keuntungan Fendi, dari jual-beli hewan tersebut bisa mencapai sekitar Rp1 juta tiap transaksi. Sedangkan ular piton yang dibelinya bisa sampai Rp9 juta bahkan pernah ditawar dengan nilai seharga Rp11 juta.

Ular koleksi Yusuf Efendi/Dias Lusiamala

“Keuntungan saya setiap penjualan itu kisaran Rp1 juta, tetapi untuk ular piton yang saya beli Rp 9 juta ditawar seharga Rp 11 juta setelah ular piton saya sempat memenangkan kontes, juara 2 tingkat nasional,” terang pemuda yang disapa Fendi.

Fendi menuturkan  semua hewan peliharaannya mayoritas didapatkan dari luar kota dengan harga yang bervariasi mulai Rp300.000  hingga Rp9 juta.

“Jenisnya ada ular, tokek, dan biawak. Saya  berharap kedepannya bisa menambah koleksi,” ucap Fendi.

Ular koleksi Yusuf Efendi/Dias Lusiamala

Selain itu Fendi berharap kepada pecinta reptil untuk tetap merawat alam dan hewan yang ada di alam supaya tetap pada tempatnya supaya ekosistem terjaga.

“Saya berharap kepada pecinta hewan reptil untuk tetap merawat alam, hewan yang berada di alam biarkan tetap di alam supaya tidak ada kerusakan ekosistem,” jelas Yusuf Efendi.