1.000 Pohon untuk Kembalikan Desa Gembuk Jadi Penghasil Gula

Amirudin Zuhri - Sabtu, 18 Desember 2021 21:45 WIB
Penanaman pohon di Desa Gembuk (Instagram Pemkab Pacitan)

PACITAN-Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) Kabupaten Pacitan bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah dan komunitas penggiat kebencanaan melaksanakan penanaman pohon di Kawasan Bukit Tejo Desa Gembuk Kecamatan Kebonagung.

Mengusung tema ‘Ayo Tanam Pohon - Caraku Berkontribusi Menjaga Kelestarian Lingkungan’ini, MDMC Pacitan menyediakan setidaknya 1000 pohon Aren dan Gamelina pada kegiatan yang digelar Sabtu(18/12/2021).

Ketua MDMC Pacitan Agus Hadi Prabowo menjelaskan betapa pentingnya melakukan konservasi alam dengan menanam pohon. "Penanaman pohon ini sangat penting apalagi fungsi dan manfaat pohon ini sangat urgen dan vital bagi keberlangsungan hidup makhluk hidup di muka bumi," ungkap dia.

Desa Gembuk dipilih sebagai lokasi penanaman karena dalam sejarahnya desa Gembuk merupakan komoditas penghasil gula aren paling banyak dan melimpah. Keberadaannya yang semakin punahlah alasan pohon Aren perlu ditanam kembali.

Penanaman jenis pohon ini juga merupakan strategi pengurangan risiko bencana dengan tujuan memitigasi dan mencegah potensi bahaya tanah longsor di kawasan dengan kemiringan lereng. Hal ini tentu menjadi tanggung jawab semua pihak, baik pemerintah, dunia usaha maupun masyarakat.

"Semoga dengan penanaman ini bisa memperkuat struktur tanah dan mengurangi potensi juga risiko akibat longsor," kata Didik Alih Wibowo di kesempatan yang sama.

Bagikan

RELATED NEWS