160 Calon Panwascam PILKADA Pacitan 2020, Siap Berkompetisi

SP - Kamis, 05 Desember 2019 14:55 WIB
Berty Stevanus, HRW,, S.H., Ketua Bawaslu Pacitan undefined

Pendaftaran Panitia Pengawas Kecamatan Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2020 ditutup Selasa, 3 Desember 2019 pukul. 24.00. Minat masyarakat untuk menjadi pengawas kecamatan sangat tinggi. Hal ini dapat dlihat dari pendaftar sampai hari terakhir mencapai 160 terdiri dari 105 laki-laki (66%) dan 55 perempuan (34%).

“Kami bersyukur bahwa minat masyarakat untuk menjadi Panitia Pengawas Kecamatan di Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah) 2020 sangat tinggi. Peserta yang mendaftar mengalami kenaikan dibandingkan Pilkada sebelumnya. Hal ini membuktikan meningkatnya peran serta masyarakat dalam pengawasan kegiatan pemilihan baik Pemilu (Pemilihan Umum) maupun Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah), kata Berty Stevanus HRW, S.H., Ketua Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Pacitan kepada Halopacitan, Rabu (4/12/2019).

Pendaftaran Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Pilkada 2020 dimulai 27 November 2019 sampai 3 Desember 2019. Pendaftar di Kecamatan Pacitan mencapai 26 peserta terdiri dari 13 laki-laki dan 13 perempuan, terbanyak dibandingkan kecamatan lain di Kabupaten Pacitan. Target minimal pendaftar di setiap kecamatan terpenuhi, karena jumlah pendaftar terkecil mencapai 8 peserta yaitu Kecamatan Nawangan.

“Alhamdulillah, jumlah pendaftar untuk Panwascam telah memenuhi target, target minimal 8 peserta terpenuhi banyak kecamatan yang melebihi target, sehingga pendaftaran kami tutup dan tidak dilakukan perpanjangan. Tingkat pendidikan pendaftar seleksi Panwascam ini bervariasi mulai SMA Sederajat sampai jenjang S2 juga ada, akan tetapi mayoritas sarjana”, kata Berty Stevanus HRW, S.H., selaku Kooordinator Divisi SDM (Sumber Daya manusia) Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Pacitan.

Hasil seleksi administrasi akan diumumkan Kamis, (12/12/2020) di laman Bawaslu (Badan Pengawas Pemilihan Umum) Kabupaten Pacitan. Hasil pengumuman seleksi administrasi akan dipublish sehingga masyarakat bisa ikut mengawasi dan memberikan masukan serta saran terhadap calon Panwascam melalui tanggapan masyarakat yang dibuka sampai tanggal 15/12/2019.

“Setelah lulus seleksi administrasi dan melalui tanggapan masyarakat, calon Panwascam (Panitia Pengawas Kecamatan) Pilkada 2020 akan melalui tes secara online dan wawancara, untuk tes secara online Bawaslu Kabupaten Pacitan bekerja sama dengan SMK N I Pacitan. Hasil tes secara online nanti langsung terkoneksi dengan Bawaslu RI”, ucap Berty Stevanus HRW, S.H. mengakhiri.

Bagikan

RELATED NEWS