17 Tahun Jadi Guru Honorer Bergaji Rp300.00 , Aprilina Akhirnya Jadi PNS

Amirudin Zuhri - Kamis, 30 Juni 2022 14:19 WIB
Aprilina Widyastuti Ariffin kini jadi PNS (Ist)

PROBOLINGGO- Aprilina Widyastuti Ariffin (37) layak bernapas lega. Setelah melalui perjuangan panjang, akhirnya dia bisa mewujudkan mimpi orangtuanya untuk jadi PNS.

Namun itu bukanlah hal yang mudah, dia sudah banyak melalui asam garam dalam perjuangan menyandang status CPNS ini. Dia harus melalui waktu selama 17 tahun laamanya dengan mengabdi menjadi guru dengan status Guru Tidak Tetap (GTT).

Tiap bulannya gaji yang diterima tak seberapa, bahkan tak cukup untuk sekadar ongkos transportasi dan kebutuhan dasar lainnya. Ya, dia harus ikhlas menerima gaji Rp 300 ribu per bulan dengan status GTT pada SDN Tanjungsari Kecamatan Krejengan.

Selama 17 tahun lamanya alumni Universitas Terbuka Malang ini mengabdi sebagai guru dan harus ikhlas menerima keadaan.Kini perjuangannya membuahkan hasil. Dia menjadi satu dari 420 orang Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Probolinggo yang dilantik di Auditorium Madakaripura Kantor Bupati Probolinggo, awal pekan lalu.

“Mendiang ibu saya memang selalu berharap agar anak-anaknya dapat melanjutkan perjuangannya sebagai seorang pendidik. Sayangnya saat ini beliau tidak bisa menyaksikan kebahagiaan ini,” kenangnya berkaca-kaca.

Saat ini cita-cita ibu dan anak ini telah terwujud, sesuai isi sumpah sakral yang baru saja dilafalkannya, ia pun berkomitmen untuk tetap memegang teguh janjinya dalam menjalankan kewajiban sebagai PNS di lingkungan Pemerintah Kabupaten Probolinggo.

“Do’akan kami semua mampu mengemban amanah ini, terlebih sebagai seorang guru yang saat ini selalu menuntut kami untuk selalu meningkatkan kompetensi seiring perkembangan zaman,” pungkasnya.

Para abdi negara tersebut sebelumnya tercatat sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) dari Formasi 2018 dan 2019.

Dan akhirnya mereka pun diambil sumpah/janj jabatan CPNS menjadi PNS oleh Plt Bupati Probolinggo HA Timbul Prihanjoko.

Pembacaan sumpah tersebut begitu khidmat terdengar. Sorotan mata mereka pun tampak berkaca-kaca seakan mengungkap kisah perjuangan mereka masing-masing.
Nuansa biru seragam korpri yang mereka kenakan pun semakin menambah haru suasana hari bersejarah itu. (*)

Tulisan ini telah tayang di halojatim.com oleh ifta pada 30 Jun 2022

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS