2800 Nakes di Pacitan akan Mendapat Vaksin Boster

Dias Lusiamala - Sabtu, 06 Agustus 2022 10:25 WIB
ilustrasi (TrenAsia)

PACITAN– Sebanyak 2800 tenaga kesehatan (nakes) di Kabupaten Pacitan akan menerima vaksin dosis tiga dan empat. Pemberian vaksin ini , ditargetkan selesai selama sepekan ke depan.

Penyelenggaraan vaksinasi booster untuk tenaga kesehatan ini dilaksanakan di pusat kesehatan masyarakat (puskesmas) desa tanjungsari, jumat mulai pukul 08.00 wib. Jenis vaksin yang disiapkan ada dua jenis, yakni vaksin moderna dan pfizer atau menyesuaikan dengan vaksin terakhir (booster 1) yang diterima para tenaga kesehatan tersebut.

Kepala Dinas Kesehatan Pacitan , dr Hendra Purwaka menjelaskan bahwa, vaksinasi terhadap ribuan tenaga kesehatan tersebut diselenggarakan di seluruh puskesmas yang se kabupaten pacitan mulai hari ini.

“Pelaksanaan vaksin boster kedua tidak terpusat di galeri vaksin Dinas Kesehatan akan tetapi vaksin boster 2 bagi tenaga kesehatan digelar disetiap fasilitas kesehatan dimana tenaga kesehatan tersebut bertugas," kata Hendra Jumat (5/8/2022).

Hendra menambahkan vaksinasi boster ketiga dan vaksinasi dosis empat bagi seluruh tenaga kesehatan tersebut ditargetkan selesai sepekan kedepan, dengan sasaran 2800 tenaga kesehatan. Perharinya menargetkan suntikan vaksin boster sebanyak kurang lebih 400 tenaga kesehatan.

"Kalau tidak ada kendala sepekan kedepan seluruh tenaga kesehatan dan semua karyawan yang bertugas di fasilitas kesehatan dijadwalkan sudah tervaksinboster. Setiap hari kita lakukan penyuntikan diberbagai tempat dan minimal sekitar 400 nakes per hari.”

Sementara itu, berdasarkan data terbaru dari dinas kesehatan pacitan, untuk saat ini cakupan vaksinasi dosis 1 dan 2 sudah memenuhi target. Hanya saja dosis 3 atau booster 1 yang masih rendah. Vaksinasi dosis pertama mencapai 88 %, dosis kedua 81 %, sedangkan dosis ketiga 19 %.

Tags vaksin bosterBagikan

RELATED NEWS