5 Cara Efektif Lindungi Perangkat dan Data Pribadi Saat Bepergian

Redaksi Daerah - Rabu, 04 September 2024 15:28 WIB
5 Tips Melindungi Perangkat dan Data Pribadi Saat Traveling (Freepik.com)

JAKARTA - Saat Anda ingin liburan, jangan lupa untuk selalu waspada dengan melindungi perangkat dan data pribadi dari ancaman penjahat dunia maya. Hal ini karena risiko serangan siber dapat meningkat karena orang-orang semakin sering menggunakan ponsel di tempat umum. Melihat hal tersebut, pakar keamanan siber memperingatkan bahwa peretas juga semakin banyak menargetkan pengguna dengan skema phishing dan situs penipuan.

Jaringan Wi-Fi publik seperti yang ada di kafe sering digunakan oleh turis, dan merupakan target utama bagi para penjahat dunia maya. Jaringan ini bahkan dapat dengan mudah disusupi sehingga sangat penting untuk melindungi perangkat Anda.

Strategi Menjaga Keamanan Perangkat dan Data

1. Hindari Penggunaan Wi-Fi Publik

Jaringan internet publik di tempat seperti kafe dan bandara rentan terhadap serangan fiber. Oleh karena itu, sebaiknya Anda menggunakan koneksi internet aman dan dilindungi password. Anda juga bisa menggunakan VPN untuk memperoleh perlindungan ekstra.

2. Amankan Media Sosial Anda

Saat Anda membagikan foto liburan di media sosial, pastikan selalu mengaktifkan two factor authentication pada akun media sosial Anda. Upaya ini akan menambah langkah verifikasi ekstra, seperti kode yang dikirim ke ponsel Anda selain kata sandi.

3. Selalu Perbarui Perangkat Lunak

Jangan lupa perbarui perangkat lunak dan aplikasi yang ada di ponsel Anda secara berkala untuk melindungi Anda dari risiko diretas. Aktifkan pembaruan secara otomatis serta cadangkan data secara berkala untuk melindungi adanya pencurian atau kerusakan.

4. Lindungi dari Panas Berlebih

Hindari meletakkan ponsel di bawah sinar matahari secara langsung. Hal ini karena panas yang berlebih dapat merusak perangkat, jadi simpanlah ponsel Anda di tempat yang sejuk dan teduh sebisa mungkin.

5. Waspadai Tindakan Phishing

Anda harus waspada jika ada email, pesan teks, atau tautan yang mencurigakan, apalagi dari pihak yang mengaku berasal dari lembaga terpercaya. Cobalah untuk melakukan verifikasi keabsahan informasi tersebut dengan mengunjungi situs web resmi melalui mesin pencari, daripada mengklik link yang disediakan.

Tidak hanya itu, Anda juga perlu menonaktifkan Bluetooth dan Wi-Fi saat tidak digunakan untuk mencegah akses yang tidak sah. Sebelum memasukkan informasi pribadi Anda di situs web tertentu, pastikan situs tersebut aman dengan memeriksa apakah ada simbol gembok dan https di URL. Anda juga perlu memasang atau instal software anti-virus dan anti-spyware untuk mendapatkan keamanan tambahan.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi perangkat dan data pribadi agar tetap aman saat traveling atau liburan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 04 Sep 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS