5 Keunikan Batik Pace Khas Pacitan

Dias Lusiamala - Jumat, 05 Agustus 2022 10:45 WIB
Salah seorang perajin batik di Dukuh Ngerjoso, Dusun Kayen, Desa Sukoharjo, Pacitan. (Dok. Halopacitan)

PACITAN – Kekayaan alam Pacitan yang melimpah, berbanding lurus dengan kekayaan budaya. Salah satu kekayaan budaya Pacitan adalah batik Pace.

Batik Pace khas Pacitan memiliki beberapa keunikan. Banyak pendapat batik Pace merepresentasikan nilai historis yang kuat tentang Pacitan.

Nah berikut 5 keunikan dari Batik Pace Pacitan :

1. Representasi sejarah Pacitan

Menurut Forum Budayawan Indonesia, mengungkapkan bahwa motif batik Pace pada batik tulis tersebut diilhami dari asal mula Pacitan. Menurut buku Legenda Rakyat Pacitan dan Babad Tanah Pacitan, kata Pacitan berasal dari kata Pacewetan. Pace adalah nama buah yang biasa disebut mengkudu yang berbau menyengat namun memiliki banyak khasiat, sedangkan wetan berarti timur.

Penamaan ini berasal dari cerita sejarah Pangeran Mangkubumi yang sedang berperang dengan Keraton Surakarta mengalami kekalahan pada perang gerilya (1747-1749). Yng saat itu Dia dan dua belas pengikutnya mundur ke arah selatan Jawa dengan keadaan kelelahan.

Kemudian, Setraketipa, salah seorang abdinya memberikan buah mengkudu, atau yang kemudian disebut Pace. Juga diberikan minuman dari buah pace yang telah direndam dengan legen buah kelapa.

Seketika itu juga kekuatan Pangeran Mangkubumi pulih kembali. Ternyata di daerah tersebut banyak tumbuh buah pace dan diingat sebagai pace sepengetan. Kemudian disingkat pace-tan dan akhirnya menjadi Pacitan.

Sejarah tersebut telah menginspirasi masyarakat untuk melestarikannya dalam bentuk motif pace batik tulis. Pada tahun 2004 dibuatlah motif tersebut menjadi motif batik tulis khas Pacitan.

Foto: Batik Puspita

2. Makna dan filosofi

Makna dari motif pace merupakan simbol ketulusan, kesetiaan, dan pengabdian seseorang serta adanya rasa saling bergotong royong. Makna dan filososfi tersebut erat kaitannya dengan prinsip hidup masyarakat Pacitan yang menjunjung tinggi sikap gotong royong.

Menilik cerita sejarah, makna ketulusan, kesetiaan, dan pengabdian merupakan representasi dari tindakan Setraketipa yang memberikan buah pace kepada Pangeran Mangkubumi ketika dia sedang kelelahan. Cerita tersebut dapat dipahami bahwa seorang abdi memiliki kesetiaan dan ketulusan terhadap pangerannya.

3. Unggul dan kompetitif

Andi Prasetya seorang yang menyukai batik Pace dan sejarahnya, mengatakan bahwa batik Pace memiliki keunggulan kompetitif dari sisi warna. Dalam proses pembuatannya menggunakan bahan alami sehingga tampilannya terkesan sangat lembut. Ini menjadi daya tarik tersendiri bagi masyarakat untuk menggunakan batik tersebut.

4. Hak paten milik Pacitan

Pada tahun 2012 lalu, batik Pace telah memperoleh hak paten sebagai karya batik asli Pacitan. Kabar yang begitu menggembirakan bagi masyarakat Pacitan. Ini bisa menepis klaim dari pihak lain yang akan mengambil keuntungan dari batik Pace tersebut. Selain sebagai upaya melindungi kekayaan budaya daerah, hak paten dapat menjadi bekal optimalisasi pengembangan kerajinan batik itu sendiri.

Foto: Batik Puspita

5. Kaya akan motif

Batik Pace memiliki beragammotif pengembangan. Ada beberapa motif yang banyak diproduksi di Pacitan, antara lain: motif Pace Ceplok, Pace Galaran, Pace Sido Luhur.

Pace Ceplok, terdiri dari bentuk segi empat beraturan yang di dalamnya dibuat isi berupa buah pace yang disusun dibagian pojok-pojok segi empat. Segi-segi yang lain dibuat desain berupa bunga-bunga pace yang menyembul dari buahnya yang selang-seling.

Pace Galaranmengkombinasikan pace dengan latar belakang objek dibuat garis-garis mirip galar. Galar sendiri merupakan alas tempat tidur dari bambu. Objek berupa gambar buah pace mulai dari daun, buah, dan bunga yang tersebar merata di permukaan kain.

Pace Sido Luhur, motif pace dikombinasikan dengan motif klasik sido luhur. Buah pace yang disusun membentuk segi empat beraturan, berselang seling dengan motif kulit buah pace yang sedang ditumbuhi bunga-bunga diletakkan pada bagian dalam.

Nah itulah lima keunikan motif batik Pace asal Pacitan. Dengan adanya informasi dan pengetahuan tentang budaya daerah, harapannya para generasi terus bisa ikut menjaga dan melestarikan hal tersebut.

RELATED NEWS