5 Langkah untuk Memulihkan Diri Setelah Kehilangan Pekerjaan

Redaksi Daerah - Kamis, 02 Mei 2024 10:06 WIB
Meski Sulit, Ini 5 Cara Memulihkan Diri Anda Usai Kehilangan Pekerjaan (Freepik.com/jcomp)

JAKARTA - Kehilangan pekerjaan dapat menjadi pengalaman pahit bagi siapapun. Hal tersebut juga dapat menimbulkan berbagai perubahan keadaan secara tiba-tiba dan sering kali memerlukan tindakan dengan segera.

Jika Anda sedang mengalami kehilangan pekerjaan, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk pulih dari keadaan tersebut agar lebih siap untuk kembali ke dunia kerja.

Cara Memulihkan Diri Usai Dipecat

1. Pahami Alasan di Balik Pemecatan Anda

Ada gunanya jika Anda meminta perusahaan lama Anda memberikan alasan mengapa Anda dipecat. Mungkin percakapan ini sulit untuk dilakukan, tapi penting untuk melakukannya dengan cara yang baik. Kuasailah diri Anda dan tampilkan diri Anda sebagai orang yang tenang.

Selain itu, memahami alasan Anda diberhentikan akan membantu Anda mengidentifikasi area perbaikan tertentu yang akan mempermudah pencarian kerja berikutnya.

Baca Juga: 3 Ciri-ciri Akan Terjadi Badai PHK di Perusahaan Tempat Anda Bekerja

2. Pelajari Apakah Ada Peluang yang Lain

Jika Anda dipecat karena terjadi pemotongan anggaran atau perampingan finansial di perusahaan meski Anda merasa senang bekerja di perusahaan tersebut, atasan Anda mungkin akan dapat menawarkan Anda job di departemen lain. Selain itu, Anda juga bisa menanyakan kepada atasan Anda tentang peluang lain di perusahaan tersebut.

Untuk masalah yang terkait dengan kinerja pekerjaan atau kurangnya keterampilan, Anda mungkin dapat mencoba menanyakan apakah atasan Anda setuju untuk mempekerjakan Anda kembali setelah skill Anda mengalami peningkatan.

Meski begitu, Anda juga harus mengerti bahwa mungkin saat ini tidak ada peluang lain bagi Anda di perusahaan tersebut. Jika atasan Anda tetap menjawab dengan tidak, praktik terbaik adalah menerima keputusan mereka dengan hormat.

3. Tinggalkan dengan Baik

Jika tidak ada pilihan untuk mendapatkan kembali pekerjaan di perusahaan Anda saat ini, Anda mungkin ingin mengambil cara untuk resign dengan baik. Perusahaan yang memecat Anda bisa jadi memberikan referensi positif kepada perusahaan Anda kemudian di masa depan. Hal ini terutama berlaku ketika Anda diberhentikan bukan karena kesalahan Anda sendiri, seperti terkait efisiensi perusahaan.

4. Luangkan Waktu untuk Refleksi dan Perawatan Diri

Anda bisa mencoba meluangkan waktu usai kehilangan pekerjaan untuk menghilangkan stres dan merenungkan keberadaan Anda. Anda mungkin juga dapat mencoba menuliskan kekuatan dan kelemahan Anda dalam pekerjaan, apa yang Anda sukai dari pekerjaan Anda, apa yang tidak Anda sukai, peran atau industri lain yang menarik bagi Anda, dan sebagainya.

Anda juga sebaiknya tetap memperhatikan kebutuhan perawatan diri Anda, meski penting juga untuk memperbarui resume dan melamar pekerjaan baru. Namun, perawatan diri seperti dengan berjalan-jalan di luar, menghabiskan waktu bersama orang terdekat atau membaca buku bisa jadi bermakna untuk kesehatan mental Anda.

5. Perbarui Resume dan Mencari Pekerjaan Baru

Jika Anda telah berhenti bekerja selama beberapa tahun, ini saatnya untuk segera memperbarui resume Anda atau membuat yang baru. Catat pengalaman, keterampilan, dan pelatihan yang Anda peroleh selama bekerja.

Setelah memperbarui resume, carilah pekerjaan baru. Jika Anda menikmati pekerjaan dan ingin melanjutkan jalur karier Anda saat ini, carilah posisi yang sesuai dengan tingkat keahlian dan pengalaman Anda.

Itu tadi beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memulihkan diri pasca terkena PHK dari perusahaan.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 02 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS