5 Pantai Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun

Redaksi Daerah - Selasa, 12 Desember 2023 13:10 WIB
Inilah Daftar 5 Pantai Terbaik di Indonesia, Cocok untuk Liburan Akhir Tahun!

JAKARTA - Indonesia memang sudah terkenal dengan bentangan alamnya yang indah, tidak terkecuali pantainya. Indonesia yang memiliki iklim tropis dan panjang garis pantai mencapai 108.000 km, membuat Indonesia menjadi surga bagi para wisatawan yang ingin menikmati keindahan pemandangan pantai.

Ribuan pantai di Indonesia tersebar di kepulauan yang jumlahnya melansir Pusat Hidro-Oseanografi TNI Angkatan Laut mencapai 16.056 pulau sesuai pembakuan dan submisi ke PBB oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 2017.

Dengan pantai yang jumlahnya sangat banyak, tentu sangat sulit untuk menentukan mana pantai terbaik yang cocok untuk dikunjungi. Oleh karena itu, sebuah penerbit buku panduan perjalanan dan penerbit media digital terbesar di dunia, Lonely Planet telah mendaftar 5 pantai terbaik di Indonesia yang patut dicoba untuk dikunjungi, apalagi untuk liburan akhir tahun yang akan segera tiba.

5 Pantai Terbaik di Indonesia

1. Pantai Jelenga Sumbawa

Para peselancar semakin tertarik pada tempat pantai yang sedang berkembang di pantai barat Sumbawa, yang terpikat oleh Scar Reef, patahan di sebelah kiri yang terkenal, serta The Little Bingin dan The Phantom break yang menawarkan wahana yang mengasyikkan.

Meski letaknya terpencil, pantai ini menyediakan penginapan bagi para peselancar yang nyaman dan biasanya hanya dikunjungi oleh beberapa pengunjung. Hal tersebut menambah nilai plus bagi pantai ini karena jarang ditemukan di tempat selancar di Indonesia. Perairan Pantai Jelenga yang tenang di dekat pantai sangat cocok untuk bermain kayak dan standup paddle boarding.

2. Pantai Suluban Bali

Pantai Suluban di Semenanjung Bukit Bali terkenal karena keunikan dan keindahannya. Pantai ini dikenal karena aksesnya ke tempat selancar terkenal di Uluwatu serta fitur daratan menarik seperti gua batu kapur, gua tersembunyi, dan kafe di atas tebing yang sempurna untuk menikmati pemandangan matahari terbenam.

Di sekitar Suluban terdapat Pura Luhur Ulu Watu, sebuah pura laut Hindu yang mencolok di tebing setinggi 70 meter, tempat diadakannya pertunjukan tari Kecak tradisional saat matahari terbenam.

3. Pink Beach Pulau Komodo

Labuan Bajo, Kecamatan Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), sudah terkenal dengan pesona alam yang menakjubkan. Pink Beach atau yang dikenal Pantai Merah di Pulau Komodo, menjadi satu dari tujuh pantai berpasir merah mudah di dunia.

Pasir di Pink Beach mendapatkan warna merah mudanya dari cangkang hancur jutaan foraminifera yang merupakan hewan laut bersel satu mikroskopis yang hidup di bawah terumbu karang di lepas pantai.

4. Selong Blanak, Lombok

Pantai Selong Blanak di Lombok terkenal dengan ketenangan dan air laut berwarna biru kehijauan yang mencolok. Terletak sekitar 22 km di barat Kuta, pantai yang sepi ini merupakan tempat favorit penduduk setempat dengan warung bambu yang berjejer di sepanjang garis pantainya yang kadang-kadang berbagi tempat dengan kerbau yang sering berkeliaran.

Lautnya sangat cocok untuk berenang dan menarik peselancar pemula yang ingin menyewa papan dan berlatih di ombak yang ramah pemula dengan dasar pantai berpasir.

5. Pantai Bawana, Sumba

Pantai Bawana di barat laut Sumba menampilkan pemandangan sebuah lengkungan batu besar di atas pasir putih, menciptakan latar yang sempurna untuk foto pantai yang menakjubkan. Meski perlu mendaki curam untuk mencapai pantai, terdapat pemandu lokal di pintu masuk yang siap membantu pengunjung yang membutuhkan.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Bintang Surya Laksana pada 11 Dec 2023

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 12 Des 2023

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS