5 Peluang Jualan Grosir yang Layak Dicoba

Amirudin Zuhri - Sabtu, 12 Maret 2022 16:27 WIB
Ilustrasi usaha grosir.

PACITAN- Saat ini, setiap orang tidak bisa hanya mengandalkan gaji yang dimilikinya. Berbagai kebutuhan harus ditebus dengan harga yang mahal. Ini lah yang menyebabkan seseorang harus memutar otak untuk menghasilkan uang tambahan.

Jualan grosir menjadi salah satu solusi usaha. Apalagi bila anda memiliki modal yang memadai. Bagi Anda yang berani mencoba peruntungan dengan modal cukup besar, bisnis grosir bisa dibilang cukup menjanjikan.

Mengutip laman resmi Pegadaian, Sabtu, 12 Maret 2022 ada beberapa bisnis grosir yang bisa dicoba. Grosir atau wholesaler adalah pihak yang menjadi perantara antara produsen dengan pedagang ritel atau eceran di pasar.

Para pelaku usaha grosir ini bakal memperoleh atau membeli produk dengan kuantitas atau jumlah yang banyak dengan harga yang lebih rendah yang didapat dari pihak distributor, kemudian menjualnya kepada pihak pengecer dengan mengambil margin dari selisih harga yang didapat.

Para pelaku usaha warung atau pengecer tersebut yang membeli dari pihak grosir ini akan menjual kembali produknya kepada konsumen akhir.

Grosir berbeda dengan distributor, oleh karena grosir atau agen ini melakukan pembelanjaan produk-produknya juga dari pihak supplier pertama atau distributor. Dan biasanya distributor ini merupakan sebuah badan usaha berbentuk PT yang dipercaya oleh pabrik-pabrik besar untuk menjual produknya.

Ide Bisnis Grosir

Ada beberapa bisnis grosir yang dapat dicoba untuk menunjang penghasilan.

Grosir Toples Plastik

Toples plastik merupakan barang wajib yang harus dimiliki oleh para penjual atau pedagang eceran yang menjual jajanan atau produk olahan di warung-warung. Maka dari itu, toples plastik sudah otomatis menjadi barang incaran oleh para pelaku usaha warung kecil. Apalagi, sekarang kemasan makin berkembang. Banyak usaha menggunakan toples plastik untuk mengemas jualannya agar terlihat cantik.

Grosir Kemasan

Menjadi pengusaha grosiran kemasan memang dibutuhkan biaya yang agak besar, oleh karena alat-alat yang diperlukan juga berupa mesin-mesin yang relatif mahal. Namun jika memiliki modal, peluang usaha ini sangat menjanjikan keuntungan yang besar pula oleh karena hampir seluruh para pelaku usaha UKM, coffee shop yang menjual kembali biji kopinya, ataupun pabrik-pabrik kecil yang membuat produk siap konsumsi memerlukan kemasan yang ciamik untuk menjual produknya. Sudah barang tentu membuat kemasan di tempat kita akan menjadi pilihan mereka.

Grosir Snack

Nah, yang ini dirasa peluang usaha yang cukup relevan jika tempat yang kita miliki tidak jauh dari para pelaku usaha warung. Aneka kue kering yang bisa dijual dengan sistem kiloan ataupun snack pabrikan sudah pasti menjadi produk primadona bagi para pelaku usaha warung.

Grosir Sembako

Peluang usaha grosir sembako bisa menjadi andalan. Bagaimana tidak, segala jenis produk kebutuhan dapur yang dibutuhkan oleh para konsumen langsung ini akan sangat mendatangkan banyak pelanggan, tidak hanya pelaku usaha warung, bahkan konsumen akhir pun dapat berbelanja langsung dengan mendapat harga yang sedikit lebih murah. Namun, perlu diingat bahwa barang-barang ini memiliki masa kadaluarsa sehingga harus dipertimbangan perputaran barangnya ya.(*)

Tulisan ini telah tayang di kabarsiger.com oleh Yunike Purnama pada 12 Mar 2022

Bagikan

RELATED NEWS