5 Rekomendasi Destinasi Wisata di Surabaya untuk Libur Panjang Anda

Redaksi Daerah - Jumat, 10 Mei 2024 10:47 WIB
Rekomendasi Wisata di Surabaya untuk Menghabiskan Libur Panjang (lapispahlawan)

JAKARTA - Surabaya adalah kota yang terletak di tepi pantai utara Jawa Timur. Surabaya berbatasan langsung dengan Selat Madura di sisi utara dan timur, Kabupaten Sidoarjo di selatan, serta Kabupaten Gresik di barat. Kota ini juga berada di dataran rendah dengan ketinggian antara 3 sampai 6 meter di atas permukaan laut, yang menyebabkan iklim Surabaya cenderung panas dan kering.

Surabaya juga memiliki wisata yang menyuguhkan kisah dan pengalaman yang memukau. Untuk mengobati rasa panas di Surabaya, kalian bisa mengunjungi tempat asri seperti misalnya Hutan Mangrove Wonorejo. Atau, kalian bisa mengunjungi tempat lain yang tak kalah indah.

Berikut ini beberapa rekomendasi wisata di Surabaya yang dapat kalian kunjungi untuk mengisi libur panjang kalian! Yuk, simak!

Rekomendasi Lokasi Wisata di Surabaya untuk Liburan

1. Taman Mozaik

Taman Mozaik (googleusercontent)

Taman Mozaik adalah taman rekreasi aktif yang bertema mozaik warna warni. Ciri khasnya adalah rumah berdinding mozaik berwarna-warni. Pengunjung dapat memanfaatkan rumah mozaik untuk berswafoto sebagai latar belakangnya. Taman Mozaik memiliki luas sekitar 5100 meter persegi, dulunya tempat ini merupakan rawa-rawa yang dihuni oleh berbagai satwa reptil liar.

Taman Mozaik berada di jalan Wiyung Praja, Surabaya. Taman ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti tempat duduk, jogging track, dan toilet. Selain itu, pengunjung dapat menikmati berbagai aktivitas seperti berfoto, bermain, atau berolahraga di area taman ini.

2. Wisata Perahu Kalimas

Wisata Perahu Kalimas (traveloka)

Wisata Kalimas adalah objek wisata yang menghadirkan pengalaman unik menelusuri daerah Surabaya menggunakan perahu, Objek wisata ini kemudian banyak masyarakat kenal sebagai wisata Perahu Kalimas.

Dengan banyaknya sungai di Indonesia, tentu saja wisata perahu bukan hal sulit untuk dikembangkan. Tak heran jika Wisata Kalimas menjadi sorotan karena berhasil mengembangkan objek wisata lokal dengan rasa atau sensasi luar negeri.

Berbeda dengan wisata perahu di Venice yang hanya menghadirkan perjalanan menelusuri kota, Wisata Kalimas menawarkan lebih banyak variasi dalam objek wisatanya.

Salah satu contohnya adalah saat malam hari tiba, wisatawan akan dibuat takjub dengan pemandangan lampion-lampion raksasa yang indah dan warna-warni. Dengan demikian, menjelajahi Kota Surabaya dengan perahu Kalimas akan menjadi pengalaman yang menyenangkan.

3. Pagoda Tian Ti

Pagoda Tian Ti (pegipegi)

Pagoda Tian Ti menjadi simbol eksotis dan sering menjadi tujuan wisata untuk berfoto di Kenjeran Park. Pagoda yang juga dikenal sebagai Sky World, terinspirasi dari desain Pagoda Tian Tan di Beijing, China, yang juga dikenal sebagai Temple of Heaven. Di Kenjeran Park berdiri replikanya berukuran 60m x 58m, lebih besar dari aslinya.

Meskipun terbuat dari baja dan bukan kayu seperti bangunan aslinya, pagoda ini tetap menampilkan kesan megah saat dilihat dari dekat. Lokasinya terletak di Jalan Sukolilo Nomor 100, Sukolilo Baru, Bulak, Surabaya.

4. Atlantis Land

Atlantis Land berlokasi di Jl. Sukolilo 100 dan berada didalam area Kenjeran Park (Kenpark). Tempat wisata ini memiliki beberapa wahana air dan darat yang bisa dinikmati oleh semua golongan usia. Terdapat berbagai wahana yang dapat kalian dan keluarga mainkan.

Di Atlantis Land menawarkan area khusus untuk anak-anak yaitu, Kids Kingdom. Zona ini memiliki beragam wahana yang dirancang khusus untuk menghibur dan edukatif khusus untuk anak-anak.

Bangunan yang terdiri dari 2 lantai ini juga memiliki arena permainan seperti mandi bola, trampolin, seluncuran, dll. Untuk memainkannya tidak ditarik tambahan biaya, cukup dengan membayar tiket masuk anak-anak anda sudah dapat menikmati seluruh permainan yang ada di area Kids Kingdom.

5. Hutan Bambu Keputih

Hutan Bambu Keputih (AUFARELQOFADI/TRIPADVISOR)

Hutan Bambu Keputih terletak di Jalan Raya Marina Asri, Keputih, Sukolilo, Kota Surabaya. Perjalanan dapat dicapai sekitar 30 menit dari pusat kota Surabaya. Hutan Bambu Keputih menjadi satu dengan Taman Harmoni dan Taman Ruang Publik. Ketiganya berdiri di area dengan luas 40 hektare.

Jika kalian mampir ke Hutan Bambu Keputih, kalian akan menemukan spot foto yang sangat digemari pengunjung, yaitu jalan setapak yang dikelilingi oleh pohon-pohon bambu di kedua sisinya.

Pohon bambu yang rindang dan hijau menciptakan suasana yang asri dan menyegarkan. Ketika daun bambu mulai mengering, pemandangan tersebut tetap memukau seperti suasana musim gugur.

Selain itu, ada juga taman bunga dan wahana bermain di sekitar. Spot ini akan membuat kalian tak bosan untuk berfoto dan melepas penat di tengah hiruk-pikuk Kota Surabaya.

6. Surabaya North Quay

Surabaya North Quay (lapispahlawan)

Wisata yang terletak di pinggir Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya ini dikenal sebagai salah satu spot terbaik untuk menikmati keindahan sunset di Surabaya. Surabaya North Quay berada di lantai dua dan tiga Gedung Gapura Surya Surabaya.

Menurut dari laman Bappeda Litbang Surabaya, gedung tersebut umumnya difungsikan sebagai terminal untuk kapal pesiar mewah. Pemandangan kapal-kapal mewah serta aneka kulinernya menambah suasana berkumpul bersama teman atau keluarga semakin hangat dan menyenangkan.

7. Pecinan Kembang Jepun (Kya-Kya)

Kya-kya Kembang Jepun adalah kawasan pecinan yang terletak di Jalan Kembang Jepun, Kecamatan Pabean, di Kota Surabaya, Jawa Timur. Terletak di bagian selatan Kalimas, kawasan ini terkenal dengan suasana Chinatown yang khas, termasuk dekorasi dan ornamen khas di berbagai sudutnya.

Pada momen tertentu, kawasan ini ramai dengan pedagang yang menjajakan berbagai makanan dan minuman. Suasana di tempat ini akan semakin meriah saat ada gelaran event, serta menjelang perayaan Tahun Baru Imlek dan Cap Go Meh.

8. Hutan Mangrove Wonorejo

Hutan Mangrove Wonorejo (bafageh)

Hutan Mangrove Wonorejo adalah destinasi wisata alam yang menawarkan berbagai aktivitas menarik, termasuk edukasi dan fotografi. Di sini, pengunjung bisa menemukan beragam jenis pohon mangrove yang disertai dengan informasi edukatif.

Selain itu, terdapat jembatan meliuk-liuk yang menarik dengan akar-akar mangrove yang unik. Hanya berjarak 15 menit dari Klaska Residence, Hutan Mangrove Wonorejo merupakan tempat yang ideal untuk menghabiskan waktu bersama keluarga dan menciptakan kenangan indah di akhir pekan.

9. Museum 10 November

Museum 10 November terletak di area Monumen Tugu Pahlawan, Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Surabaya, Jawa Timur. Pembangunan museum ini diinisiasi oleh Presiden Indonesia pertama, Ir. Soekarno, sebagai penunjang Monumen Tugu Pahlawan yang telah didirikan lebih dahulu pada 10 November 1951. Pada akhirnya, Museum 10 November selesai dibangun pada 19 Februari 2000.

Salah satu museum menarik di Surabaya ini berada di dalam lingkungan Monumen Tugu Pahlawan. Museum ini menampilkan berbagai koleksi yang memungkinkan pengunjung untuk mengambil foto untuk mengabadikan momen berwisata sambil belajar sejarah.

Keunikan arsitektur museum ini terlihat dari desainnya yang berbentuk piramida atau limas, mirip dengan Monumen Louvre di Perancis. Bangunannya seperti terpendam dalam tanah karena memang dibangun di bawah dengan kedalaman 7 meter.

Itu dia beberapa rekomendasi tempat wisata di Surabaya yang bisa kalian kunjungi bersama keluarga dan sahabat untuk mengisi waktu liburan. Selamat berlibur!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Distika Safara Setianda pada 10 May 2024

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh Redaksi pada 10 Mei 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS