5 Tips Agar Bahan Bakar Mobil Anda Hemat

Dias Lusiamala - Sabtu, 07 Mei 2022 12:34 WIB
Seorang petugas SPBU di Pacitan mengisi bahan bakar ke mobil pembeli Rabu (10/10/2018) (Dok. Halopacitan)

PACITAN-Mobil masih jadi transportasi pribadi yang biasa digunakan untuk perjalanan mudik atau arus balik lebaran. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya antrian di jalan tol saat musim mudik lebaran. Mengingat harga beberapa BBM mengalami kenaikan maka sebaiknya melakukan penghematan konsumsi BBM. Berikut ini ada beberapa tips mudah untuk bisa menghemat BBM mobil saat dikendarai nanti pada arus balik lebaran.

1. Menyalakan Fitur Penghemat Bahan Bakar

Pada beberapa jenis mobil keluaran terbaru, sudah dilengkapi fitur eco-driving yang membuat kerja mesin lebih efisien. Biasanya ditandai dengan icon berwarna hijau yang menyala pada panel instrumen.

2. Perawatan Mesin Secara Berkala

Merawat mesin secara rutin membuat kerja mesin jadi tetap optimal dan efisien. Pastikan perawatan sesuai dengan jangka waktunya, biasanya dilakukan selama enam bulan sekali. Dan kalau bisa lakukan perawatan ke bengkel terpercaya agar lebih terjamin pelayanannya.

3. Mengatur Laju Kendaraan Secara Bertahap

Jika membiasakan membuka gas terlalu dalam dari posisi berhenti tanpa disadari konsumsi BBM akan lebih boros. Hal yang sama juga dilakukan saat melakukan pengereman. Maka dari itu hindari melakukan pengereman secara mendadak dan lakukanlah pengereman dengan cara melepas gas perlahan dan injak rem secara perlahan.

4. Usahakan Laju Kendaraan Stabil

Saat laju kendaraan yang stabil, bahan bakar yang digunakan bisa lebih efisien. Jika mobil yang dikendarai memiliki fitur Cruise Control, akan lebih memudahkan karena fitur tersebut akan mengunci kecepatan laju kendaraan tanpa perlu menginjak gas terus menerus.

5. Menutup Kaca Mobil dan Membawa Barang Seperlunya

Mematikan AC dan membuka jendela untuk mendapatkan angin segar dipercaya bisa menghemat konsumsi bahan bakar. Hal ini bisa dilakukan, asal mobil dalam kecepatan rendah. Sebaliknya, jika mobil sedang berkendara dengan kecepatan kurang lebih 60 kilometer per jam, maka tutuplah kaca mobil. Karena angin yang masuk ke dalam mobil bisa menghambat laju kendaraan dan membuat laju mobil terasa berat yang mengakibatkan kamu menginjak gas lebih dalam sehingga konsumsi BBM akhirnya menjadi boros. Kemudian bawalah barang bawaan seperlunya agar mobil tidak terasa berat.

Bagikan

RELATED NEWS