Anak-anak Dboecahs Hias Kue, di Ulang Tahun Pacitan ke 275

Halo Warga 24 Feb 2020, By Rahmat DS
Anak-anak Dboecahs Hias Kue, di Ulang Tahun Pacitan ke 275 (Halopacitan/Rahmat DS)

Suka cita semarak ulang tahun Kabupaten Pacitan ke 275, bukan hanya dirayakan oleh orang-orang dewasa. Anak-anak pun bersuka cita memeringati usia ke 275 kota 1001 goa tersebut.

Dinas instansi, kecamatan, desa, bahkan komunitas-komunitas ikut memeriahkan kegiatan hari jadi Kabupaten Pacitan tahun ini. Tak ketinggalan anak-anak di sanggar Dboecahs Pacitan. “Kegiatan kami hari ini adalah menghias kue untuk ulang tahun Pacitan. Kami menyediakan roti, dan tupping, mulai mentega, misis, berbagai warna, chocochips berbagai warna”, ungkap Idah salah satu mentor di Dboecahs Pacitan.

Selama 1,5 jam anak-anak menuangkan ide dengan menghias roti yang telah dibagikan. Tema kegiatan hari Minggu, 23 Februari kemarin adalah “Kue untuk Pacitan”. Sekitar 30 anak yang tergabung dalam sanggar yang digagas oleh Dr. Sri Pamungkas tersebut berlomba-lomba memberikan hiasan terbaik, mulai motif balon, motif bunga, motif panda, motif lilin, dan lain-lain.

“Kegiatan seperti ini, utamanya cooking dilaksanakan sekali dalam dua bulan. Anak-anak kami kenalkan dengan kebiasaan di rumah mulai etika memproduksi makanan, menghidangkan, sampai dengan membersihkan alat-alat yang telah selesai dipergunakan. Kegiatan ini membuat mereka paham bahwa sebagai manusia mereka membutuhkan orang lain. Canda tawa mereka saat harus berbagi bahan, keringat mereka yang menetes saat berproses kami harapkan menjadi sebuah tahapan bagaimana mereka menghargai jerih payah ayah dan ibunya yang setiap hari berjuang untuk memenuhi kebutuhan mereka dan juga memproduksi bahan makanan sampai dengan layak untuk dinikmati”, ucap Pamungkas pada halopacitan Minggu (23/02/2020).

Perlu diketahui bahwa sanggar Dboecahs yang berdiri sejak 2013 lalu telah melahirkan juara-juara. Juara 1 nasional menulis surat untuk Presiden, juara 1 lomba menulis esai kemendikbud, juara 2 nasional menulis purbakala, juara puisi tingkat Provinsi Jawa Timur, juara mendongen Tingkat Provinsi Jawa Timur, dan beberapa kali menjadi duta dongeng Provinsi Jawa Timur ke tingkat nasional.

“Saya sangat senang kegiatan hari ini. Saya bisa menghias kue untuk Pacitan. Seru pokoknya”, ungkap Hayu, salah satu siswa kelas ekspresi Dboecahs Pacitan. “Kegiatan hari ini menyenangkan. Pokoknya mantap, seru dan lucu. Selamat Ulang Tahun Pacitan”, ungkap Humaira, salah satu siswa dboecah yang berasal dari Tremas Arjosari Pacitan.

undefined

SP