Anda Seorang Pengusaha Kreatif? Simak 7 Tips Darrel Greene

SP - Senin, 16 November 2020 21:39 WIB
Ilustrasi: 7 Tips Menjadi Pengusaha Kreatif undefined

Ide tetap menjadi hal yang mahal. Ide sederhana pun bisa menjadi hits bila dikemas dengan baik. Konten-konten pun bermunculan, salah satunya sebagai media untuk mensosialisasikan produk atau pemikiran di media sosial.

Dalam hal demikian fokus seseorang dipentingkan untu dapat menghasilkan uang sekaligus membuat Anda bahagia. Memiliki harapan yang realistis serta tujuan yang jelas dan dapat dicapai akan sangat membantu membuka jalan menuju masa depan Anda.

Dilansirdari TrenAsia.com., CEO of Holy Mattress Money, Darrel Greene, membagikan tujuh kiat sukses untuk pengusaha kreatif:

Temukan ceruk pasar

Untuk mendapatkan profit, Anda perlu menemukan basis konsumen. Cara mudah untuk mendapat basis konsumen adalah dengan melihat masalah yang Anda hadapi dan menemukan solusinya.

Setelah Anda menemukan solusi, Anda dapat dengan mudah menghasilkan pendapatan. Setiap pasar kompetitif dalam beberapa kapasitas. Anda bisa melewati persaingan dengan cara menjadi kreatif dan menciptakan ruang untuk diri Anda sendiri.

Bekerja Sama

Ada begitu banyak bisnis yang berpusat di sekitar seni yang bisa saja membantu mendanai upaya kreatif Anda. Perlu diingat, bahwa bisnis Anda dapat berupa B2B (business-to-business) dan B2C (business-to-consumer). Membangun jaringan sangatlah penting. Jika Anda seorang introvert, Anda mungkin mengalami kesulitan dengan cara ini.

Ciptakan lingkungan bisnis dan otoritas melalui pekerjaan Anda untuk membuat orang datang kepada Anda. Dan, secara aktif mencari peluang untuk merujuk bisnis Anda kepada seseorang yang ingin Anda ajak kerja sama.

Motivasi

Tetap termotivasi sebagai seniman bisa jadi rumit. Banyak coach bisnis dan wirausahawan mungkin saja membuat Anda merasa kelelahan. Mereka berseru bahwa “passion dan masalah akan mendorongmu,” tetapi seringkali hal itu tidak realistis.

Menciptakan jumlah pekerjaan yang tidak berkelanjutan untuk diri Anda sendiri berpotensi memiliki efek buruk pada kesehatan mental Anda. Maka itu, atur kecepatan diri Anda dan ketahui kapan harus beristirahat.

Pendanaan sendiri

Mulailah di mana Anda berada dengan apa yang Anda miliki. Mempertahankan “pekerjaan harian” penting di awal sehingga Anda memiliki sumber daya untuk mendanai upaya kreatif Anda.

Cara termudah untuk mendapatkan dana awal adalah dengan menyimpan sebagian uang yang Anda hasilkan dari pekerjaan harian Anda dan atau menginvestasikan kembali uang yang Anda hasilkan dari bisnis kreatif kecil Anda.

Baik Anda freelance atau menjual seni produk, Anda harus menginvestasikan kembali keuntungan Anda untuk bertumbuh.

Mendapatkan investasi

Mengenal investor tidak ada salahnya, tetapi ada banyak pekerjaan yang harus dilakukan sebelum Anda mendekati pemberi pinjaman. Anda memerlukan konsep dan rencana bisnis yang solid untuk menggambarkan kepada investor bahwa dia akan memperoleh keuntungan.

Crowdfunding adalah alat luar biasa yang tentunya dapat meningkatkan banyak bisnis kreatif. Namun, beban ada pada Anda untuk membuat orang benar-benar setuju terhadap ide Anda.

Berikut sejumlah pertanyaan yang bermakna ketika Anda ingin mendapat dana dari crowdfunding: Apakah ide Anda masuk akal? Apakah produk Anda layak untuk diinvestasikan? Apakah Anda mendapat dukungan dari banyak orang yang akan membeli Anda untuk membantu mendanai impian Anda?

Crowdfunding hanya berfungsi jika Anda memiliki produk, solusi, dan kisah yang luar biasa.

Tetap di jalur

Jika Anda kesulitan untuk tetap berada di jalur Anda, maka buatlah daftar dan jadwal. Temukan mitra atau mentor untuk membantu memandu Anda.

Buat situasi di mana orang lain menganggap Anda bertanggung jawab untuk berkarya. Dengan cara itu Anda mendorong diri sendiri untuk membuat tenggat waktu.

Membangun komunitas di sekitar Anda dan menjalankan bisnis Anda adalah kunci sukses. Tidak hanya akan membuat Anda termotivasi, tetapi juga akan menciptakan lingkungan di mana setiap orang mendorong inovasi.

Pertimbangkan pilihan Anda

Jujurlah pada diri Anda sendiri tentang kekuatan dan kelemahan Anda. Mintalah seseorang yang Anda percayai untuk jujur kepada Anda agar mendapat perspektif dari luar.

Saat Anda berada di tengah badai kreatifitas, mungkin sulit untuk bersikap objektif dengan pekerjaan Anda. Jika hal-hal tidak berjalan seperti yang Anda inginkan, pertimbangkan “poros”. Jangan berhenti, tetapi perhatikan apa yang berhasil dan yang tidak berhasil.

Investor sering kali menggunakan apa yang disebut “hukum pengembalian asimetris” atau “pembayaran asimetris”. Secara umum, ini adalah alat manajemen risiko yang dirujuk ketika potensi pembayaran investasi lebih besar daripada efek risiko selama periode waktu tertentu.

Jika potensi hasil dari kemenangan besar jauh lebih banyak daripada biaya kerugian, maka itu adalah investasi yang layak dipertimbangkan.

Menjadi wirausahawan kreatif adalah panggilan. Tidak disarankan menjadi wirausahawan kreatif bila ingin memperoleh return investasi yang cepat.

Jika ini adalah jalan yang Anda pilih, bersiaplah untuk bertahan dalam jangka panjang. Dan, bila Anda memiliki ide yang solid dengan potensi keuntungan yang besar, dan mampu bertahan cukup lama, Anda dipastikan menang.

Bagikan

RELATED NEWS