Apakah iPhone Bisa Terkena Virus? Temukan Jawabannya di Sini

Redaksi Daerah - Kamis, 08 Agustus 2024 17:44 WIB
Sering Dikenal Aman, Bisakah iPhone Terserang Virus? Simak Penjelasannya di Sini (Freepik.com/pvproductions)

JAKARTA - Jika sampai sekarang Anda berpikir bahwa iPhone kebal dari virus dan malware, maka sebaiknya Anda pikirkan lagi. Memang, tidak dapat dipungkiri bahwa salah satu daya tarik terbesar dari iPhone adalah adanya klaim mereka kebal terhadap virus dan malware.

Menurut Norton, seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, iOS memang sering dianggap lebih aman daripada sistem operasi Android. Meski begitu, benarkah perangkat iPhone benar-benar seaman itu, atau apakah iPhone juga bisa terkena virus?

Faktanya, keamanan ekstra yang dimiliki oleh perangkat Apple mungkin tidak sekuat seperti yang diyakini sebelumnya. Ketika membahas risiko terkena virus di iPhone, tetap ada satu celah penting yang perlu Anda ketahui. Untuk memahami hal tersebut lebih lanjut, Anda bisa menyimak beberapa penjelasan berikut ini.

Benarkah iPhone Bisa Terkena Virus?

Seperti yang dilansir dari Reader’s Digest, iPhone juga bisa terkena virus, tapi hanya dalam kondisi tertentu. Menurut Robert Siciliano, seorang ahli keamanan siber dan co-founder Protect Now menyebutkan bahwa kemungkinan pengguna iPhone sehari-hari terkena virus sangat kecil. Hal ini karena desain sistem operasi iPhone tidak mendukung penyebaran virus dengan cara yang sama seperti sistem operasi di Windows atau Android.

Alasan iPhone Jarang Terkena Virus

Salah satu alasan sebagian besar iPhone terhindar dari risiko terkena virus adalah karena penggunanya hanya dapat mengunduh aplikasi dari App Store resmi Apple. Selain itu, Apple juga memiliki proses penyaringan yang ketat untuk memberikan persetujuan pada aplikasi pihak ketiga di App Store.

Aplikasi iPhone juga diisolasi, itu artinya mereka terpisah dari aplikasi lain dari sistem operasi ponsel. Oleh karena itu, risiko terkena malware pada iPhone sehari-hari juga cukup rendah.

Bagaimana iPhone Bisa Terkena Virus?

Ada dua penyebab utama yang dapat menyebabkan iPhone terkena virus, yaitu sebagai berikut.

Adanya Aplikasi Berbahaya

Aplikasi berbahaya biasanya diunduh dari toko aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi dan dapat memuat malware ke dalam perangkat pengguna.

Perangkat Jailbroken

Jailbreaking adalah suatu proses menghapus batasan tertentu pada sistem operasi iPhone. Meski dapat memberikan lebih banyak kontrol kepada pengguna, upaya ini justru meningkatkan risiko perangkat untuk terkena virus. Hal ini karena pengguna dapat dengan mudah mengunduh aplikasi dari berbagai toko aplikasi yang tidak selalu aman.

Itu tadi penjelasan apakah iPhone benar-benar aman dan benarkah bisa terserang virus atau tidak.

Tulisan ini telah tayang di balinesia.id oleh pada 08 Agt 2024

Editor: Redaksi Daerah

RELATED NEWS