Bawa Bantuan Warga, 3 Relawan PMI Pacitan Berangkat ke Lumajang

Amirudin Zuhri - Selasa, 21 Desember 2021 21:48 WIB
Tiga relawan PMI Pacitan yang diberangkatkan ke Lumajang (PMI Pacitan)

PACITAN- Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Pacitan pada Selasa (21/12/2021) memberangkatkan tiga relawan ke Kabupaten Lumajang, tepatnya ke Kecamatan Pronojiwo. Relawan tersebut akan menyalurkan bantuan dari masyarakat Pacitan untuk Korban bencana awan panas guguran Semeru. Bantuan dihimpun dari berbagai pihak, antara lain PMR Sekolah, Osis, Saka Wirakartika serta Komunitas Trail Pintas.

"Harapan Kami dengan misi kemanusiaan, bantuan tersebut dapat tersalurkan dan personil bisa membantu operasi tanggap darurat di sana,” kata Ketua Harian PMI Kab. Pacitan Drs. Sunaryo saat melepas relawan.

Menggunakan Mobil Pick Up, Relawan rencananya akan berada di Lumajang selama tujuh hari , personel akan membantu di Posko PMI yang berada di Kecamatan Pronojiwo Kabupaten Lumajang.

“Begitu tiba di sana para relawan dari PMI Pacitan akan segera bergabung bersama relawan-relawan PMI dari daerah lain untuk melakukan operasi tanggap darurat penanganan bencana awan panas guguran Semeru. Semoga mereka yang bertugas diberikan kemudahan dan kelancaran ketika bekerja di lapangan,” harapnya.

Bencana Semeru telah menyebabkan sejumlah warga kehilangan tempat tinggal dan tinggal di pengungsian. Berdasarkan data dari BNPB dampak kerusakan fisik imbas dari bencana erupsi Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur tercatat ada 2.970 unit rumah 38 bangunan fasilitas pendidikan mengalami kerusakan. Sedangkan untuk korban yang mengungsi saat ini berjumlah 2.004 jiwa.

RELATED NEWS