Bawaslu Pilih Desa Purworejo Kecamatan Pacitan sebagai Desa Mitra Pengawasan Partisipatif

SP - Jumat, 15 November 2019 22:24 WIB
Desa Purworejo, Mitra Pengawasan Partisipatif Bawaslu undefined

Bawaslu Kabupaten Pacitan mulai merapatakan barisan jelang Pilkada 2020. Desa Mitra Pengawasan Partisipatif menjadi salah satu agenda kegiatannya. Desa Mitra Pengawasan Partisipatif terus dibentuk. Desa Purworejo, misalnya, terpilih sebagai Desa Mitra Pengawasan Partisipatif Bawaslu, lingkup kecamatan Pacitan.

Desa Purworejo terletak di antara dua desa yaitu Mentoro di sebelah selatan dan Banjarsari di sebelah Utara. Di sebelah Barat di batasi oleh Sungai Grindulu, yang merupakan sungai terpanjang di Kab. Pacitan sedangkan di sebelah Timur merupakan daerah perbukitan dan dataran tinggi yang berbatasan langsung dengan Desa Ketepung, Kecamatan Kebonagung. Purworejo terbagi atas 3 dusun, yaitu Jati, Bugel, dan Demeling serta terdiri atas 14 RT.

“Pembentukan Desa Mitra Pengawasan Partisipatif ini bertujuan untuk lebih meningkatkan peran serta masyarakat dalam melakukan pengawasan partisipatif disetiap kegiatan pemilihan, baik pemilihan umum (PEMILU) maupun pemilihan kepala daerah (PILKADA). Bawaslu ke depannya akan menjadi lembaga peradilan pemilu sehingga partisipasi masyarakat dalam pengawasan sangat diperlukan. Desa Purworejo kita pilih sebagai Desa Mitra Pengawasan dikarenakan hasil evaluasi kami dan masukan beberapa pihak serta rekam jejak di Pemilu 2019, menunjukkan kerjasama yang baik antara pemerintah desa, PPS (Panitia Pemungutan Suara) dan Penitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa (PPKD)” kata Mohamad Mashuri, Anggota Bawaslu Kabupaten Pacitan kepada halopacitan, selasa (13/11/2019).

Dalam kegiatan tersebut dilakukan penandatangan MOU dan penyerahan Plakat Desa Mitra Pengawasan Partisipatif dari Bawaslu Kabupaten Pacitan yang diwakili oleh Mohammad Mashuri kepada Pemerintah Desa Purworejo yang diwakili oleh Supriyanto selaku PJ Kepala Desa Purworejo yang dilaksanakan di Ruang Pertemuan Desa Purworejo, Rabu (13/11/2019).

“Untuk mendukung pengawasan partisipasif masyarakat, Bawaslu Kabupaten Pacitan melakukan sosialisasi tentang kepemiluan sehingga pencegahan pelanggaran bisa lebih efektif, selain itu juga diberikan pengetahuan tentang cara melakukan pelaporan yang benar memenuhi unsur formil dan materiil”, ucap Mohammad Mashuri Koordinator Penindakan Pelanggaran Bawaslu Kabupaten Pacitan sekaligus narasumber kegiatan tersebut.

“Alhamdulillah, kami sebagai masyarakat senang dan bangga dipilih menjadi Desa Mitra Pengawasan oleh Bawaslu Kabupaten Pacitan. Kerja keras dan kekompakan semua elemen masyarakat desa kami pada waktu Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 ternyata dilihat dan dihargai oleh Bawaslu Pacitan”, kata Yunus Sudarmono PPKD (Panitia Pengawas Pemilihan Umum Kelurahan/Desa) Pemilu 2019 yang hadir pada kegiatan tersebut.

“Kami bersyukur dan mengucapkan terima kasih kepada Bawaslu Kabupaten Pacitan yang telah menunjuk dan memilih Desa Purworejo sebagai Desa Mitra Pengawasan mewakili Kecamatan Pacitan. Dari MOU yang telah ditandatangani bersama tadi, kami siap dan mendukung program pengawasan partisipatif. Tentunya kami membutuhkan bimbingan dari Bawaslu Kabupaten Pacitan bagaimana implementasi program tersebut, sehingga pengawasan partisipatif masyarakat khususnya di Desa Purworejo bisa lebih baik dan efektif dalam mendukung pesta demokrasi baik Pemilu (Pemilihan Umum) maupun Pilkada (Pemilihan Kepala Daerah)” ucap Supriyanto selaku PJ. Kepala Desa Purworejo

Pada Pemilu (Pemilihan Umum) 2019 dari hasil evaluasi Panitia Pengawas Kecamatan (PPK) Pacitan, PPS (Panitia Pemungutan Suara) Desa Purworejo mendapatkan dua penghargaan yaitu sebagai Administrasi Terbaik dan Angka Partisipasi Tertinggi.

“Mempertahankan prestasi itu tidak mudah, membutuhkan kerja keras dan kerja cerdas. komunikasi yang baik diantara semua elemen yang terkait adalah kunci utamanya. Kaderisasi harus terus dilakukan. Saya yakin Kepala Desa terpilih yang mulai melaksanakan tugas pada 5 Januari 2020 mampu menggerakkan semua potensi sumber daya manusia Desa Purworejo dalam mendukung pesta demokrasi yaitu Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2020 nanti”, ucap Supriyanto selaku PJ. Kepala Desa Purworejo sekaligus Ketua PPS (Panitia Pemungutan Suara) Pemilu 2019.

Selain kegiatan sosialisasi, Bawaslu Kabupaten mengawali tahapan Pilkada 2020 dengan membuka pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (Panwascam). Pendaftaran dibuka mulai tanggal 27 November 2019 – 3 Desember 2020.

Pengumuman pendaftaran Panitia Pemilihan Kecamatan (Panwascam) bisa dilihat di kantor kecamatan atau bisa dilihat di laman Bawaslu Pacitan mulai tanggal 13 November 2019. Kami mengundang semua elemen masyarakat yang memenuhi syarat untuk bergabung sebagai Panwascam (Panitia Pemilihan Kecamatan) di Pilkada 2020 ini”, ucap Mohammad Mashuri mengakhiri.

Bagikan

RELATED NEWS