Berebut Rp7 Juta, 150 Perangkat Desa di Pacitan Adu Cerdas

Dias Lusiamala - Jumat, 19 Agustus 2022 11:15 WIB
Lomba cerdas cermat antar perangkat desa di Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN –Sebanyak 150 perangkat desa dari 58 desa/kelurahan di Kabupaten Pacitan ikut serta ambil bagian dalam kompetisi cerdas cermat. Kegiatan digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Pacitan Kamis 18 Agustus 2022.

Kegiatan lomba cerdas cermat ini sangat disambut baik karena pemahaman wawasan kebangsan dan pemahaman tentang pemerintahan desa menjadi hal wajib yang harus dipahami oleh perangkat desa/kelurahan.

Para peserta lomba cerdas cermat saling berebut menekan bel untuk menjawab pertanyaan yang dilontarkan oleh dewan juri. Tiap regu desa/kelurahan terdiri dari 3 orang. Tiap regu saling berkontribusi aktif menyumbangkan jawaban-jawaban yang tepat.

Rata-rata hampir semua regu bisa berhasil menjawab pertanyaan. Pertanyaan yang dilontarkan juga tak jauh-jauh dari tema wawasan kebangsaan. Namun, ada pula yang salah menjawab, dan jawabannya malah membuat yang lain tertawa.

Keseruan lomba cerdas cermat ini membuat lega, karena para perangkat desa/kelurahan masih mengerti dan memahami tentang wawasan kebangsaan.

Para perangkat desa/kelurahan telah mempersiapkan perwakilan desa/kelurahannga jauh-jauh hari agar dapat tampil maksimal dalam lomba cerdas cermat ini.

Dalam acara lomba cerdas cermat yang dihadiri dan dibuka langsung oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Pacitan Heru Wiwoho di gedung Karya Darma, Kamis (18/08/2022), mengambil tema Lomba Cerdas Cermat Wawasan Kebangsaan. Dalam lomba cerdas cermat ini sengaja mengambil tema tersebut dengan maksud untuk mempersiapkan perangkat Desa / Kelurahan yang berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab berdasarkan falsafah Pancasila.

“Melalui kegiatan ini, kondisi yang kita inginkan kedepan adalah para perangkat desa di wilayah memiliki kebanggaan kebangsaan, berakhlak mulia, bermoral, beretika, berbudaya dan beradab,” kata Heru Wiwoho, dalam sambutannya Kamis (18/8/2022).

Nantinya lomba cerdas cermat wawasan kebangsaan antar perangkat desa/kecamatan akan memperebutkan hadiah berupa piala dan penghargaan dengan hadiah total Rp7 juta. Juara yang diambil uang pangkung I, 2,3 dan 4.

RELATED NEWS