Berkembang Pesat, E-Sport Pacitan Mulai Berkiprah di Ajang Nasional

Dias Lusiamala - Senin, 21 Februari 2022 08:54 WIB
Rio Ardian Permana, Ketua Umum ESI Kabupaten Pacitan  (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Para gamers di Pacitan saat ini sudah dinaungi organisasi resmi bernama E-sport Indonesia (ESI) Kabupaten Pacitan. Mereka juga telah berhasil mencetak sejumlah prestasi hingga tingkat nasional.

Rio Ardian Permana, Ketua Umum ESI Kabupaten Pacitan menjelaskan, perkembangan E-sport di Pacitan saat ini cukup luar biasa karena sudah masuk ke nasional. Beberapa atlet yang juga berasal dari SMA 1 Pacitan berhasil mendapat Juara 2 nasional pada gelaran turnamen nasional Indonesia High School E-sport Arena (IHSEA), . Ini adalah turnamen e-Sport pelajar terbesar di Indonesia dan didukung oleh Direktorat Jendral Pendidikan Vokasi Kementrian Pendidikan Kebudayaann Riset dan Teknologi.

E-sport Pacitan juga sudah resmi masuk jadi cabang olahraga di Koni Pacitan sejak 28 Januari lalu. Rio mengatakan, bahwa ESI sudah melakukan pertandingan exibisi di gelaran PON Papua XX.

“Dengan sudah adanya ESI di Pacitan bisa mewadahi dan membuka kesempatan seluruh gamers untuk berprestasi. Jadi anggapan orang tentang game itu tidak bagus, dengan adanya ESI di Pacitan menjadikan sarana pembinaan untuk meraih prestasi lewat game,” kata Rio Minggu (20/02/2022)

Rio ESI Pacitan memfokuskan pada tiga jenis game, yaitu mobile legends, PUBG, dan freefire. Saat ini ESI Kabupaten Pacitan sedang merekrut dan membina beberapa atlet-atlet di cabang game tersebut.

Harapan ke depannya, ESI Pacitan bisa lebih berprestasi lagi baik di turnamen lokal, nasional maupun Internasional, sehingga image negatif terhadap game itu bisa berubah jadi baik.

Editor: AZ

RELATED NEWS