Bersaing dengan 7 Negera, Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2023

SP - Senin, 09 November 2020 06:11 WIB
Ilustrasi: Indonesia Bidik Tuan Rumah Olimpiade 2023 Bersaing dengan 7 Negara Lain undefined

Indonesia kini membidik untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032, setelah sebelumnya sukses menjadi tuan rumah Asian Games dan Asian Para Games 2018. Indonesia harus bersaing dengan Australia, Jerman, Unifikasi Korea, Qatar, Republik Rakyat Tiongkok, dan India untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032.

Presiden Joko Widodo seperti dilansir dari Trenasia.com Minggu (8/11/2020) menyebut, Indonesia akan bersaing menjadi tuan rumah Olimpiade demi menjaga citra dan martabat bangsa. Bukan untuk ajang gagah-gagahan. Sebab itu, Jokowi mengingatkan agar pencalonan tersebut harus dijadikan sebagai momentum untuk menata diri.

“Untuk memperbaiki berbagai hal yang selama ini masih kurang, mulai dari penyiapan infrastruktur keolahragaan, kemudian yang berkaitan dengan prestasi atlet, peningkatan visibilitas global sebagai kota penyelenggara,” ungkap Jokowi dalam rapat terbatas, Rabu, 4 November 2020.

Jokowi menyebut, kini Komite Olimpiade Internasional (IOC) telah menetapkan norma baru untuk tuan rumah yang lebih sederhana dan hemat biaya. Maka itu, Jokowi meminta agar norma baru ini segera dipelajari dan diadaptasi oleh para jajarannya.

“Kelihatannya filosofi yang baru ini Olimpiade bukan lagi untuk menunjukkan kemewahan, tetapi sejauh mana kreativitas, inovasi itu bisa dilakukan dalam mengimplementasikan norma baru yang diharapkan lebih hemat biaya dan lebih sederhana,” ungkapnya.

Oleh karena itu, Presiden meminta agar peta jalan pencalonan Indonesia untuk menjadi tuan rumah Olimpiade 2032 disiapkan. Persiapannya harus dilakukan dengan baik dan berdasarkan lini masa yang telah ditetapkan IOC.

“Penentuan tuan rumah ini akan ditetapkan di 2024 dan proses seleksi dimulai selambat-lambatnya 2023. Ini yang saya kira road map-nya perlu disiapkan,” tandasnya.

Bagikan

RELATED NEWS