Berusia 190 Tahun, Jonathan Jadi Kura-Kura Tertua di Dunia

Amirudin Zuhri - Rabu, 26 Januari 2022 19:35 WIB
Kura-kura Jonathan (YouTube)

JAKARTA-Seekor kura-kura berusia 190 tahun bernama Jonathan telah menjadi kura-kura tertua yang pernah ada. Guinness World Records mengumumkan pada 12 Januari Jonathan diperkirakan lahir pada tahun 1832. Ini berarti ia berusia 190 tahun pada tahun 2022. Sebagai gambaran Jonathan lahir sebelum Ratu Victoria naik tahta Inggris pada tahun 1837.

Kura-kura raksasa Seychelles tua (Aldabrachelys gigantea hololissa) sudah menjadi pemegang Guinness World Record untuk hewan darat tertua yang masih hidup, tetapi sekarang dia secara resmi menjadi kura-kura atau kura-kura tertua yang pernah tercatat. Dia mengalahkan pemegang rekor sebelumnya Tu'i Malila, seekor kura-kura pancaran (Astrochelys radiata) yang hidup setidaknya 188 tahun sebelum meninggal pada tahun 1965.

Jonathan tinggal di St. Helena, sebuah pulau di Samudra Atlantik Selatan. "Dia adalah ikon lokal, simbol kegigihan dalam menghadapi perubahan," kata Joe Hollins, dokter hewan Jonathan kepada Guinness World Records.

LiveScience mengutip British Museum di London Rabu 26 Januari 2022 menulis Jonathan tiba di St. Helena pada tahun 1882 ketika dia berusia sekitar 50 tahun. Sebuah foto Jonathan tertanggal antara tahun 1882 dan 1886 menunjukkan dia dewasa yang menunjukkan bahwa dia setidaknya berusia 50 tahun ketika diambil. Dengan demikian bisa jadi dia lebih dari 190 tahun.

Di usia senjanya, Jonathan sudah dalam kondisi buta dan tidak bisa mencium bau tetapi masih merumput di pekarangan kediaman Gubernur St. Helena. Tempat dia tinggal bersama sesama kura-kura raksasa David, Emma dan Fred. Dia diberi makan dengan tangan seminggu sekali untuk memastikan dia mendapat cukup kalori.

Menurut Guinness World Records makanan favoritnya termasuk kubis, mentimun dan wortel. Meski sudah begitu tua, minat utama Jonathan adlaah tidur dan kawin.

"Terlepas dari usianya, Jonathan masih memiliki libido yang baik dan terlihat sering kawin dengan Emma dan kadang-kadang Fred - hewan seringkali tidak terlalu sensitif gender!" kata Hollins kepada Guinness World Records.

Para ilmuwan belum memahami semua proses yang memungkinkan kura-kura seperti Jonathan hidup begitu lama. Kura-kura raksasa dengan cepat membunuh sel-sel yang rusak dalam proses yang disebut apoptosis, yang dapat membantu melindungi mereka dari kerusakan sel-sel yang biasanya memburuk seiring bertambahnya usia.

Umur panjang Jonathan mungkin tidak tertandingi di darat, tetapi ada hewan yang hidup lebih lama di air. Misalnya, hiu Greenland (Somniosus microcephalus) diperkirakan memiliki rentang hidup maksimum setidaknya 272 tahun. Selain itu ada Hydra, sekelompok invertebrata kecil seperti ubur-ubur yang terus meregenerasi sel mereka dan seperti tidak menua sama sekali.

RELATED NEWS