Biar Dilancarkan Hajinya, Ikuti Tips Gus Muadz Ini

Dias Lusiamala - Rabu, 01 Juni 2022 10:58 WIB
Ibadah Haji

PACITAN-Pergi haji adalah impian semua umat Islam. Bahkan sampai rela mengantri menunggu giliran hingga bertahun-tahun. Dan tentu saja menjadi haji mabrur adalah tujuan yang ingin dicapai dari ibadah ini.

Untuk bisa mencapai itu harus melalui proses yang khusuk dan panjang. Bahkan sebelum berangkat ke tanah suci.

Pengasuh Perguruan Islam Pondok (PIP) Tremas Pacitan, Jawa Timur Gus Muadz Al-Jabal membagikan tips mudah yang dapat dilakukan oleh Jemaah Calon Haji (JCH) yang akan pergi ke tanah suci Mekah.

Gus Muadz, mengatakan bahwa hal mendasar dan mudah dilakukan adalah memperbanyak silaturahmi. Selain dianjurkan oleh agama, cara ini akan mempermudah urusan rezeki.

"Ini saya dapat dari Ayah saya, kalau ada orang yang mau pergi haji supaya bersilaturahmi dengannya. Baik teman dekat atau orang lain," katanya, Selasa (31/5/2022).

Mekah dan Madinah adalah tempat yang diberkahi Allah. Di sana Nabi Muhammad Saw mengemban misi mulia risalah Islam. Sebaiknya menitipkan salam dan doa kepada Sang Nabi.

"Caranya dengan titip salam takdzim kepada Nabi Muhammad Saw. Sebab, saat sampai di tanah haram semua salam akan langsung dijawab," kata Gus Muadz

Selain itu, agar dipermudah segala urusan terlebih keinginan menunaikan rukun Islam ke-5, maka dengan memberikan ongkos kepada orang yang akan berangkat ke Mekah berarti mempermudah dalam beribadah.

"Beri sedekah seikhlasnya, sebab uang yang kita berikan akan dipakai tamu Allah SWT untuk beribadah di tanah suci Mekah," jelas Gus Muadz.

Meminta didoakan oleh orang yang baru melaksanakan haji merupakan sunah...

RELATED NEWS