Biar Menarik, Anda Bisa Bikin Curriculum Vitae di 5 Situs Gratis Ini

Amirudin Zuhri - Sabtu, 08 Januari 2022 16:13 WIB
Ilustrasi CV

PACITAN – Kamu mahasiswa tingkat akhir yang sebentar lagi wisuda? Atau kamu baru saja lulus kuliah dan ingin mencari kerja?

Saat ini persaingan untuk mendapatkan pekerjaan semakin ketat. Kamu sebagai pencari kerja harus bersaing dengan jutaan orang lainnya mengingat persaingan untuk mencari kerja semakin ketat.

Nah, sebelum melamar kerja tentu kamu harus menyiapkan diri. Salah satunya adalah dengan membuat CV (Curriculum Vitae) atau daftar riwayat hidup yang menarik dan memberikan kesan bagi calon pemberi kerja.

CV ini merupakan bagian paling penting saat kamu pertama kali melamar pekerjaan. Dokumen ini menjadi bahan pertimbangan bagi HRD untuk memutuskan apakah memanggilmu lebih lanjut ke tahap seleksi berikutnya atau tidak.

Seringkali orang gagal dalam tahap document screening karena format CV asal-asalan dan tidak menarik. Karena itulah, kamu harus membuat CV yang semenarik mungkin.

Berikut ini ada 4 situs online gratis untuk membuat CV secara simpel dan praktis. Kamu bisa membuat CV di situs-situs berikut ini:

1. Canva

Canva ini merupakan platform dengan focus pada bidang desain grafis. Ada banyak template desain grafis yang tersedia di Canva. Salah satunya, Canva menyediakan template desain CV yang akan menghasilkan CV kreatif sehingga lebih cocok digunakan saat kamu melamar di posisi yang membutuhkan kreativitas.

Canva bisa digunakan melalui smartphone maupun komputer atau laptop. Kamu juga bisa langsung membuat CV dengan membuat akun di laman canva.com.

2. BikinCV.com

Seperti halnya Canva, BikinCV merupakan sebuah platform untuk membuat Curriculum Vitae (CV) secara online dengan praktis. Pengguna hanya perlu mengisi data dengan lengkap kemudian CV bisa didownload dalam bentuk PDF.

Pada aplikasi ini disediakan berbagai template yang menarik yang kamu bisa pilih sesuai selera. Kamu juga bisa memilih berbagai desain menarik di platform ini.

3. Aksel

Aksel sebenarnya merupakan sebuah lembaga yang menyediakan jasa bimbingan akselerasi karier di bidang digital bagi fresh graduate. Selain itu, mereka juga memiliki platform untuk membuat CV ATS secara otomatis. CV ATS adalah CV yang terdeteksi mesin screening HRD pada saat seleksi berkas.

CV jenis ini sangat cocok digunakan saat kamu hendak melamar ke perusahaan besar. Dengan Aksel, kamu hanya perlu memasukkan informasi-informasi yang dibutuhkan pada kolom tersedia, kemudian sistem situs ini yang akan membantumu menyusun tata letaknya.

4. Zety

Zety termasuk salah satu situs CV maker yang paling mudah digunakan karena UI design-nya yang sederhana. Ada beberapa pilihan template yang bisa kamu pilih di website ini. Desain template di situs ini cenderung modern dan minimalis dengan kombinasi beberapa warna netral dan font yang mudah dibaca.

Setelah memilih sebuah template, kamu akan diarahkan untuk mengisi kolom yang berisi data diri dan pengalaman kerja. Kemudian, website ini akan membantumu menyusun tata letak di CV secara otomatis.

5. CV Maker

CV Maker merupakan salah satu situs pembuat CV online gratis yang cukup populer sudah digunakan banyak orang di seluruh dunia. Tampilan website CV terlihat sangat sederhana. Pilihan template CV yang disediakan pun dominan formal.

Situs ini cocok kamu gunakan untuk membuat CV profesional yang lebih rapi, terstruktur, dan informatif.

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 07 Jan 2022

Bagikan

RELATED NEWS