Biar Usaha Makin Lancar, Yuk Gabung Rumah Kreatif BUMN Pacitan

Dias Lusiamala - Rabu, 16 Maret 2022 13:55 WIB
Konsultasi UKM di Rumah Kreatif BUMN Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN-Berlokasi di Jl. Jend. A. Yani No.mor 94, Caruban, Sidoharjo, Pacitan, Rumah Kreatif BUMN (RKB) menjadi jadi tempat untuk usaha kecil menengah tumbuh dan berkembang.

RKB merupakan salah satu program inisiatif Kementerian BUMN untuk memberdayakan UKM. Tujuan dari pada pendirian RKB BUMN adalah turut aktif memberikan bimbingan dan bantuan kepada pengusaha golongan ekonomi lemah, koperasi dan masyarakat.

Untuk membantu UKM maka dibentuklah RKB dengan fungsi sebagai wadah bagi langkah kolaborasi BUMN dalam membentuk digital ekonomi ekosistem melalui pembinaan bagi UKM agar meningkatkan kapasitas dan kapabilitas UKM itu sendiri.

RKB berperan sebagai pusat data dan informasi serta sebagai pusat edukasi pengembangan dan digitalisasi UKM sedangkan tujuan utama RKB adalah peningkatan kapasitas dan kapabilitas UKM sehingga dapat terwujud UKM Indonesia yang berkualitas.

RKB Pacitan dikelola oleh PLN Unit Induk Distribusi Jawa Timur bekerjasama dengan Perkumpulan Tenaga Kerja Indonesia Purna (Pertakina) Pacitan. Lembaga ini melakukan program pembinaan, pendampingan usaha, pelatihan rutin dan pengelolaan ruang pameran produk yang merupakan serangkaian kegiatan untuk menambah pengetahuan serta keterampilan para pelaku UMKM dalam mendorong perkembangan usahanya.

"Dengan adanya RKB Pacitan, sangat membantu kami dalam pemasaran produk ukm. Selain itu, program RKB Pacitan yang berupa pelatihan yang diberikan kepada UKM, membantu meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) pelaku ukm yang tergabung dalam RKB ini,” kata Dwi Puji Astuti, pemilik Yoris minuman herbal.

Manfaat yang didapat setelah bergabung dengan RKB Pacitan yaitu satu permodalan menemukan solusi permodalan bagi usaha melalui program kredit usaha dan program kemitraan, kedua adalah adanya agenda pelatihan, ada berbagai macam pelatihan UKM yang ada di dalam RKB, manfaat yang ke tiga adanya modul pelatihan, tersedia berbagai macam modul pelatihan yang bisa digunakam untuk para UKM dan yang terakhir adanya aplikasi UKM, jadi UKM yang terdaftar sudah bisa mendigitalisasi produk.

RKB Pacitan buka setiap Senin - Sabtu pukul 08.00-16.00 wib. Untuk mendapatkan layanan pelatihan dan program binaan, UKM harus mendaftar menjadi anggota dengan cara mendaftar di link https://rumah-bumn.id/register

Setelah mengisi formulir secara online hingga selesai lalu login kemudian memilih menu gabung ke rumah BUMN. Jika sudah berhasil artinya UKM sudah tergabung di RKB Pacitan.

RELATED NEWS