Bubur Pati Garut, Si Lembut Berjuta Manfaat

SP -15 Desember 2020 12:32 WIB,
Bubur Pati Garut, Berjuta Khasiat (sumber: halopacitan/istimewa)

Siapa sangka bubur bertekstur lembut dan kental ini kaya akan manfaat. Dibuat dari tepung garut bubur pati garut rupanya masih menjadi idola sebagian masyarakat, terlebih disajikan dengan irisan kelapa muda dan dihidangkan dengan siraman santan kental. Sangat pas dinikmati saat musim hujan begini.

Bukan saja lezat di mulut, ternyata bubur pati garut juga mempunyai manfaat luar biasa bagi kesehatan tubuh. Dilansir dari ekafarm.com, Tepung garut memang dikenal sebagai salah satu sumber karbohidrat kompleks. Selain itu, tepung garut pun mengandung banyak nutrisi penting bagi tubuh, seperti kalium, fosfor, kalsium, zat besi, vitamin B1, zat folat, niasin, thiamin, riboflavin, vitamin C, dan masih banyak lainnya.

Tepung Larut, Tepung Garut, Tepung Ararut, atau Arrowroot Flour adalah tepung bebas gluten yang merupakan salah satu sumber karbohidrat alami terbaik. Garut adalah tanaman yang berkembang dengan rimpang yang kaya kandungan pati, banyak ditemukan di Amerika Selatan dan memang berasal dari sana.

Umbi garut adalah makanan jaman penjajahan bahkan mungkin jaman sebelum penjajahan. Namun kini keberadaan umbi garut lumayan susah untuk diperoleh. Umbi garut saat ini lebih sering digunakan sebagai penyembuhan segala macam masalah pencernaan antara lain: maag, perut kembung, sembelit, dan lain sebagainya.

Khasiat tepung garut untuk mengatasi masalah pencernaan telah diketahui sejak abad ke-19. Penelitian yang dilakukan dengan ekspedisi ke benua Antartika pada akhir abad ke-19 hingga awal abad ke-20 yang dipublikasikan di National Center for Biotechnology Information mengemukakan penemuan khasiat tepung garut untuk melancarkan pencernaan. Tepung garut menjadi salah satu obat utama bagi peneliti yang sedang sakit parah dan kekurangan vitamin. Tepung garut berhasil membantu memulihkan kondisi kesehatan peneliti tersebut.

Nutrisi dan manfaat luar biasa dalam tepung garut membuatnya patut untuk dipertimbangkan sebagai asupan selingan. Terlebih, tepung ini bersahabat dengan sistem pencernaan kita sehingga tidak perlu takut untuk merasakan permasalahan gangguan pencernaan.

Bubur pati garut sangat mudah membuatnya. Seperti halnya membuat bubur sungsum, awalnya pati direndam. Di tempat terpisah air dididihkan dengan gula jawa, setelah itu tepung garut yang telah direndam dimasukkan. Tambahkan sedikit garam, daun pandan, dan taburan kelapa muda. Bubur terus di diaduk di atas api kecil. Setelah bubur mengental dan matang, angkat, sajikan dengan santan yang telah disiapkan. Bubur siap dinikmati dan petik manfaatnya.

Bagikan:

RELATED NEWS