Bupati Minta Kepala Desa Inovatif dan Kreatif

Amirudin Zuhri - Selasa, 17 Mei 2022 13:23 WIB
Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji saat Pelantikan Kepala Desa Terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dan Desa Sukodono Kecamatan Donorojo di Pendopo Kabupaten, Selasa (17/05/2022). (Ist)

PACITAN-Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji mengajak seluruh elemen mulai Kepala Desa, Camat, OPD senantiasa bersama-sama meningkatkan profesionalisme kinerja, baik sebagai abdi negara dan abdi masyarakat. Salah satunya, dengan menciptakan desa mandiri yang merupakan target prioritas Kabupaten Pacitan.

“Evaluasi kinerja di masa lalu dan terus berupaya untuk menghasilkan karya nyata yang terbaik di masa sekarang maupun pada masa yang akan datang,” ungkap Bupati saat memberikan sambutan dalam acara Pelantikan Kepala Desa Terpilih Pengganti Antar Waktu (PAW) Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung dan Desa Sukodono Kecamatan Donorojo di Pendopo Kabupaten, Selasa (17/05/2022).

Menurut bupati, dengan berlakunya UU No.6/ 2014 tentang desa, pemerintah telah mengakui desa sebagai kesatuan masyarakat hukum yang memiliki kewenangan mengatur dirinya sendiri. Tentu, sesuai dengan kewenangan yang dimiliki oleh desa maupun kewenangan yang diberikan oleh pemerintah. Hal ini memberi harapan dan jalan yang luas bagi desa untuk mewujudkan kemajuan dan kesejahteraan masyarakat desa.

“Dalam melanjutkan sisa masa jabatan kepala desa sebelumnya, saudara harus mampu mencermati kebutuhan dan potensi sumber daya yang dimiliki oleh desa,” katanya lagi.

Kepala desa lanjut Bupati, harus mampu memberdayakan masyarakat, berinovasi, kreatif serta memiliki konsep yang jelas dalam rangka menyusun perencanaan dan mengadakan perubahan-perubahan yang bermanfaat bagi masyarakat desa

Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung serta Desa Sukodono Kecamatan Donorojo melakukan pemilihan kepala desa pengganti antar waktu (PAW) untuk mengisi jabatan kepala desa yang kosong karena kepala desa lama berhalangan tetap. Makhrus Ali terpilih menjadi Kepala Desa Sidomulyo Kecamatan Kebonagung sedangkan Eko Wardoyo terpilih menjadi Kepala Desa Sukodono Kecamatan Donorojo.

RELATED NEWS