Cara Gampang Membedakan Beda Suweg dan Porang

Amirudin Zuhri - Minggu, 23 Januari 2022 13:50 WIB
Petani Pacitan panen Suweg (Dok. Halopacitan)

PACITAN-Suweg adalah tanaman yang banyak ditemui di Pacitan. Tetapi dalam beberapa waktu terakhir nama Porang naik daun dan banyak orang tidak bisa membedakan keduanya.

Kedua jenis tanaman umbi-umbian ini sekilas memang mirip. Keduanya berbentuk bulat dan termasuk satu famili yang sama, yaitu Amorphophallus. Namun, porang dan suweg adalah dua tanaman yang berbeda.

Perbedaan pertama bisa dilihat dari sisi tanamannya. Tanaman porang memiliki bagian umbi kecil yang disebut katak porang, sedangkan tanaman suweg tidak memiliki umbi kecil. Selain itu ketahanan tanaman porang dan suweg juga berbeda. Suweg cenderung lebih tahan penyakit dibandingkan tanaman porang.

Warna keduanya juga berbeda. Porang kebanyakan berwarna kuning cerah, sedangkan suweg berwarna putih dan cenderung ungu.

Porang/Fatepa Unram

Untuk pengolahan suweg dapat diolah langsung setelah panen, sedangkan porang butuh penangan khusus karena mengandung oksala yang bisa menyebabkan gatal.

Sedangkan dari sisi kandungan keduanya termasuk jenis karbohidrat. Hanya saja, kandungan karbohidratnya berbeda. Porang memiliki kandungan utamanya glukomanan, kalau suweg kandungan utamanya pati. Di daerah Jawa Timur suweg banyak dijual di pasar dan rata-rata diolah sebagai makanan atau pengganti nasi karena mengandung tinggi karbohidra

RELATED NEWS