Cara Mahasiswa PBI STKIP PGRI Pacitan, Mengabdi di Tengah Pandemi

Halo Pendidikan 1 Sep 2020, By Rahmat DS
Cara Mahasiswa PBI STKIP PGRI Pacitan, Mengabdi di Tengah Pandemi (dokumen pribadi)

Segala upaya untuk dapat eksis dan mengikis rasa bosan di tengah pandemi COVID-19 terus dilakukan. Pandemi COVID-19 bukan saja mengikis sendi kesehatan bahkan pedidikan pun terjamah, hingga akhirnya anak-anak harus studi at home (belajar dari rumah). Di sinilah peran keluarga dan masyarakat dibutuhkan, walau belajar dari rumah anak tetap produktif dan mendapatkan sharing keilmuan yang cukup. 

Dalam hal demikian, Perguruan Tinggi turut  ambil bagian. Seperti halnya dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI) STKIP PGRI Pacitan semester 3,5 dan 7 dengan melaksanakan Progam  PBI Mengabdi For Holyday.

Program tersebut dimulai tanggal 17 Agustus dan berakhir 31 Agustus 2020 kemarin. Program ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan mahasiswa sebagai bentuk kepedulian terhadap pendidikan yang tetap harus berjalan meski di tengah pandemi COVID-19.

Chusna Apriyanti, M.Pd, Ketua Program Studi Pendidikan Bahasa Inggris (PBSI) STKIP PGRI Pacitan saat dikonfirmasi halopacitan (31/08/2020) menyampaikan, “Kegiatan ini berupa pengabdian kepada masyarakat dengan berbagai kegiatan, meliputi program wajib dan pendamping. Jadi ide ini lahir dari sebuah pemikiran bahwa mahasiswa yang saat ini sedang libur semester, tetap bisa memberikan kontribusi dan membuat  liburan mahasiswa  berarti walaupun di tengah pandemi”.

Inilah rincian program wajib dan pendamping yang dilakukan mahasiswa Program Studi Bahasa Inggris (PBI) STKIP PGRI Pacitan untuk memberikan manfaat bagi masyarakat.

Program Wajib

Program  yang wajib dilakukan mahasiswa PBI adalah membimbing Bahasa Inggris/memberikan les kepada siswa (TK, SD, SMP, SMA) sejumlah 2-4 siswa di sekitar rumah dengan jumlah bimbingan minimal 4 kali dalam rentang waktu 2 minggu.

Dalam hal ini, mahasiswa melakukan kegiatan pendampingan belajar Bahasa Inggris ke siswa sekolah di sekitar rumah dengan jumlah 2-4 siswa. Materi dan media pembelajaran bebas. Bentuk kegiatan juga bebas namun tetap menerapkan protokol kesehatan. Kegiatan ini tidak diperkenankan memungut bayaran dari siswa peserta.

Program Pendamping

Terkait dengan program pendamping, mahasiswa  dapat melakukan kegiatan dalam hal pedampingan mengajar ngaji di TPA, PBI mengabdi doing task for 5th and 6th grade of elementary school, PBI mengabdi belajar vocabulary tentang animals dengan menggunakan Guessing Games,  PBI mengabdi bersama kelas 5 dengan materi part of body and numbers dan kelas 3 dengan materi greeting and personal information, TK dengan materi belajar menulis angka

“Kami berharap, program ini memberikan manfaat bagi masyarakat pada umumnya dan adik-adik pada khususnya, utamanya untuk mengurai kegalauan terkait dengan pembelajaran online. Selain itu, program ini juga melatih soft skill mahasiswa bahwa mereka juga harus peduli dengan lingkungan sekitar, dan tugas mereka adalah mentransfer keilmuan terlebih mereka kelak menjadi calon-calon guru”, kata Chusna mengakhiri.

undefined

SP