Cemue, Minuman Seksi di Musim Penghujan

Halo Kuliner 6 Mar 2020, By Rahmat DS
Cemue, Minuman Seksi di Musim Penghujan (halopacitan/istimewa)

Tubuh perlu dihangatkan dengan berbagai cara ketika musim hujan datang karena suhu udara yang relatif lebih  dingin. Cara menghangatkan tubuh salah satunya dengan minum, minuman seksi seperti cemue.

Cemue merupakan minuman seksi yang mulai jarang ditemui di Pacitan. Sekitar tahun 80-an masih ada warung cemue di daerah Kebonredi Tanjungsari Pacitan, milik Mbah Bayan. Lama tidak pernah ada, sekarang penjual cemue mulai bermunculan lagi di tempat-tempat umum dan sering juga dihidangkan pada acara selamatan, utamanya dilaksanakan pada  saat musim hujan.

Cemue disebut minuman yang seksi karena komposisi yang begitu unik.Penggabungan rasa jahe, kayu manis, cengkeh,serai,  gurihnya santan, wanginya daun pandan, manisnya gula Jawa, dengan tupping roti tawar yang legit, kolang kaling, agar-agar, dan gurihnya kacang bawang, minuman ini menjadi khas di mulut, perut dan bereaksi luar biasa sebagai penghangat.

Semua bahan cemue sangat murah dan mudah didapat, utamanya di Pacitan. Cara membuatnya yang sederhana, pasti semua keluarga bisa memrosesnya di rumah sebagai minuman sehat keluarga. Cara membuat cemue sebagai berikut.

  1. Bakar jahe di atas bara api, kompor atau kompor listrik sampai kulitnya gosong atau bisa disangrai di atas wajan tanah liat. Bakar hingga menghasikan bau harum.
  2. Kupas kulit jahe, potong jahe tipis2 atau memarkan.
  3. Masukkan ke dalam panci perebus: jahe bakar, serai, daun pandan, cengkeh, kayu manis, dan potongan gula merah.
  4. Tuangi 750 ml liter air dingin, tutup panci dan masak dengan api sedang sampai mendidih dan gula larut.
  5. Tambahkan santan dan garam. Kecilkan api, masak kembali selama 15 menit sampai rasa dan aroma benar2 meresap. Aduk-aduk supaya santan tidak pecah.
  6. Cicipi, jika perlu tambahkan garam atau gula pasir sesuai selera.
  7. Angkat dari api dan saring dengan saringan santan.
  8. Tuang wedang cemue ke dalam gelas atau mangkok saji, beri irisan roti tawar, kolang kaling, irisan agar-agar, dan kacang bawang. Hidangkan panas.

Sederhana bukan? Pastikan minuman ini menjadi minuman sehat keluarga karena diproduksi sendiri dan diolah secara higienis. Selamat mencoba untuk kehangatan keluarga Indonesia di musim hujan.

undefined

SP