Coba 6 Olahan Tomat Ini dan Rasakan Nikmatnya

Amirudin Zuhri - Selasa, 14 Desember 2021 11:01 WIB
Ketua Tim Penggerak PKK Kalurahan Tri Susilowati tengah menunjukkan olahan tomat antimainstream buatan warga Kaligawe RT 02, Bantul.

PACITAN-Tomat biasanya digunakan sebagai pelengkap sayuran seperti sop dan juga bahan baku sambal. Tapi di tangan warga Kampung Tomat Kaligawe RT 02 Pedukuhan Geblag, Kalurahan Bantul, Kapanewon Bantul, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), tomat disulap menjadi berbagai macam olahan makanan yang lebih variatif.

Olahan makanan yang dibuat oleh warga Kaligawe RT 02 ini lain dari biasanya atau bisa dibilang antimainstream. Lalu, apa saja olahan makanan dan minuman dari tomat antimainstream ini?

1. Salad Tomat

Biasanya, orang mengenal salad buah. Salad buah berisi berbagai macam buah seperti apel, anggur, pir, melon, semangka, dan sebagainya. Nah, ternyata tomat bisa menjadi bahan utama untuk membuat salad. Salad tomat ini, bisa dikombinasikan dengan agar-agar. Salad tomat menggunakan dressing susu dan mayonnaise, serta di atasnya ditaburi keju parut.

2. Bolu Tomat

Kreasi lain yang bisa dibuat dari bahan baku tomat adalah bolu tomat. Bolu tomat ini dibuat dari bahan telur, susu cair, gula pasir, minyak sayur, tepung terigu, dan baking powder tanpa dimixer. Toping bolu tomat menggunakan keju, beef slice, dan tomat yang diiris kecil-kecil. Jangan kaget, rasanya tak kalah dengan bolu-bolu pada umumnya.

3. Puding Tomat

Pudding tomat bisa menjadi alternatif bagi kamu penyuka pudding. Bahan dari pudding tomat ini sederhana. Sebagai bahan utama, tomat bisa dicampur dengan buah-buahan lain seperti anggur, melon, dan apel. Tentunya bahan-bahan tadi ditambahkan dengan agar-agar untuk menambah kenikmatan rasa.

4. Nastar Tomat

Kamu penyuka nastar? Umumnya, nastar dibuat dari selai nanas. Tapi di tangan warga Kaligawe RT 02 Bantul, isian nastar dibuat dari bahan baku tomat. Penasaran kan rasanya? Kamu bisa membuat sendiri nastar dari selai tomat ini.

5. Nugget Tomat

Nugget biasanya dibuat dari bahan olahan daging. Tetapi ternyata tomat juga bisa jadi bahan utama untuk nugget lho. Caranya sangat mudah. Masukkan tomat ke dalam tepung serbaguna. Lalu, tomat yang sudah dimasukkan ke dalam tepung serbaguna tadi, ditabur dengan tepung panir sehingga bentuknya menjadi seperti nugget. Kemudian goreng hingga matang, dijamin anak-anak akan suka dengan olahan nugget tomat ini.

6. Jus Tomat

Jus tomat ini relatif mudah cara bikinnya. Tomat diiris-iris dan dimasukkan ke dalam blender. Lalu campur irisan tomat tadi dengan gula dan susu. Blender tomat, campuran gula, dan susu sampai halus. Kesegaran dan kenikmatan jus tomat langsung bisa kamu rasakan.

Itulah tadi olahan-olahan makanan dan minuman dari bahan baku tomat yang antimainstream. Kamu juga bisa berkreasi membuat olahan tomat lain lho. (*)

Tulisan ini telah tayang di jogjaaja.com oleh Tyo S pada 14 Dec 2021

Bagikan

RELATED NEWS