Dahsyatnya Air Kelapa Rebus Bagi Tubuh

Halo Sehat 28 Des 2019, By Rahmat DS
Dahsyatnya Air Kelapa Rebus Bagi Tubuh (halopacitan/istimewa)

Pacitan dikenal sebagai penghasil kelapa. Kelapa hampir ditemui di setiap pekarangan rumah juga ladang. Kelapa juga menjadi tanaman penyejuk di sepanjang pantai dan menjadi ciri khas pantai-pantai di Pacitan Jawa Timur.

Masyarakat Pacitan sejak dulu memanfaatkan kelapa untuk gula, miyak goreng, kopra, camilan kembang gula, dan lain-lain. Saat ini juga mulai menjamur  warung kaki lima yang menjual es kelapa muda yang dikombinasi denga gula jawa/ gula pasir yang sangat istimewa bila diminum dalam cuaca panas. Takeline kelapa original, warung-warung di sepanjang alun-alun Pacitan juga yang tersebar di beberapa jalan utama Pacitan sering kali diserbu pelanggan, utamanya padasaat cuaca panas.

Selain itu, air kelapa diyakini dapat menawarkan racun-racun dalam tubuh. Pada zaman perang dahulu air kelapa diyakini dapat mengganti darah sehingga banyak nyawa terselamatkan. Dilansir dari kompas.com air rebusan kelapa dapat meningkatkan energi dan produksi kelenjar hormon tiroid. Air kelapa, bertindak sebagai diuretik alami dan sangat membantu bagi orang yang memiliki penyakit ginjal. Sistem kekebalan tubuh juga dapat disupport  dari air rebusan kelapa  karena dapat memperkuat sistem kekebalan tubuh dan menghilangkan bakteri yang menyebabkan infeksi saluran kemih, gonore, penyakit gusi dan virus yang menyebabkan flu, infeksi berbagai penyakit dan tifus.

Mengonsumsi air rebusan kelapa secara teratur akan membantu mengeliminasi asam lambung. Air rebusan kelapa juga sangat baik bagi yang sedang melakukan program diet, karena air kelapa sangat rendah lemak sehingga dapat diminum dalam jumlah banyak, sehingga akan merasakan kenyang dan mengurangi nafsu makan.

Manfaat rebusan air kelapa seperti dikutip dari situs manfaat.co.id. adalah (1) melancarkan sistem pencernaan, air rebusan kelapa dapat membantu melancarkan saluran pencernaan sehingga makanan tercerna dengan baik dan penyerapan sari-sari makanan dapat lebih maksimal; (2) mencegah terbentuknya batu ginjal, air rebusan kelapa memang tidak dapat mengatasi batu ginjal apabila endapan garam benar-benar sudah mengeras dan mengkristal. Namun begitu, rebusan air kelapa dapat membantu mencegah terbentuknya kristalisasi endapan tersebut agar tidak menjadi batu ginjal. Tidak hanya itu, air kelapa juga dapat menetralisir racun sehingga kinerja ginjal dapat menjadi lebih ringan dan sehat; (3) mencegah dehidrasi; (4) menurunkan tekanan darah, air kelapa juga dapat digunakan untuk menurunkan kadar kolesterol sehingga dapat mencegah aterosklerosis sehingga pembuluh darah tidak menyepit akibat adanya penyumbatan oleh kolesterol; (5) menurunkan resiko penyakit jantung; (6)  baik untuk menu diet; (7) meningkatkan sistem kekebalan tubuh, (8) kandungan berbagai senyawa zat yang mengandung dan juga bersifat anti-mikroba membuat air kelapa baik untuk membantu tubuh menangkal zat radikal bebas dan racun berbahaya dari luar,( 9) menyehatkan kulit, air kelapa juga dapat dimanfaatkan untuk memberikan kesehatan bagi kulit yang tak terlepas dari  manfaat vitamin C agar lebih lembut dan sehat.

undefined

SP