Dalam Beberapa Jam 1,4 Ton Sampah Dibersihkan dari Pantai Teleng Ria

Dias Lusiamala - Minggu, 03 Juli 2022 17:08 WIB
Aksi bersih sampah di Pantai Teleng Ria (Ist)

PACITAN-Ratusan masyarakat Pacitan dari beragam komunitas, Sabtu (3/7/2022) menggelar aksi bersih pantai dan laut di Pantai Teleng Ria Pacitan.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka bulan cinta laut tersebut merupakan inisiasi dari Kementerian Kelautan Dan Perikanan RI. Kabupaten Pacitan terpilih menjadi salah satu titik lokasi gerakan bersih laut dan pantai diantara 55 titik yang tersebar di seluruh Indonesia.

“Potensi pesisir dan laut Pacitan kaya akan sumber daya alam menjadi unggulan dan andalan disektor wisata. Agar menjadi spot wisata yang nyaman, maka perlu adanya kesadaran masyarakat lokal dan pengunjung akan kebersihan lokasi wisata,” kata Sekretaris Daerah Kabupaten Pacitan Heru Wiwoho yang mewakili Bupati Pacitan, Sabtu(2/7/2022).

Heru berharap melalui aksi ini dapat memantik dan menggelorakan kesadaran bersama. Aksi seperti ini harus dilakukan terus agar masyarakat semakin sadar dan mampu mengubah pandangan dan perilaku bahwa laut dan pantai adalah jantung kehidupan.

“Stop membuang sampah sembarangan sadar atau tidak muara akhirnya ke laut juga,” Kata Heru Wiwoho.

Gerakan bersih pantai dan laut di Pantai Teleng Ria yang berlangsung hanya beberapa jam ini berhasil mengumpulkan sampah sebanyak 1.467kg (1,4 ton). Sampah-sampah tersebut didominasi sampah organik sebanyak 1.143 Kg dan sampah unorganik sebanyak 325 kg. Sampah tersebut selanjutnya dibawa ke tempat pembuangan akhir sampah untuk diolah.

Koordinator Kelompok Restorasi Direktorat Pendayagunaan Pesisir Dan Pulau Pulau Kecil KKP RI Hery Gunawan Daulay mengatakan, untuk menyelesaikan permasalahan sampah yang tidak terkelola tidak bisa dilakukan sendiri. Untuk penanganan tersebut diperlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh pihak. Kolaborasi dan kebersamaan dalam penanggulangan sampah di laut harus terus ditumbuhkembangkan agar menjadi kebiasaan dan budaya pada masyarakat.

“Berdasarkan data Neraca Sampah tahun 2021, timbunan sampah di Kabupaten Pacitan pada tahun 2021 mencapai 104.654,83 ton/tahun. Dari timbunan sampah tersebut sampah yang terkelola mencapai 24,118,97 ton/tahun (23%) dan sampah yang tidak terkelola mencapai 80.535,86 ton/tahun (76,95%),” kata Hery Gunawan Daulay.

Tags Pantai PacitanBagikan

RELATED NEWS