Desa Sendang Raih Anugerah Desa Wisata Indonesia

Dias Lusiamala - Minggu, 13 Maret 2022 10:28 WIB
Sandiaga Uno mencoba paddleboard Sungai Maron (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Desa Sendang Kecamatan Donorojo Pacitan, menerima penghargaan Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI). Penghargaan ini diberikan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia Sandiaga Uno yang datang ke Pacitan pada Sabtu (12/03/2022).

"Desa Sendang tahun lalu masuk 300 besar desa wisata terbaik, dan semoga tahun ini bisa ditingkatkan karena ada banyak lokasi potensial. Mudah-mudahan atas kepemimpinan bapak bupati pariwisata Pacitan lebih berkembang lagi,” kata Sandiaga Uno setelah menyerahkan penghargaan.

ADWI sendiri merupakan program unggulan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) yang diharapkan mampu menggali potensi – potensi desa wisata yang ada di seluruh Indonesia.

Selain menyaksikan paparan potensi Desa Sendang Menparekraf juga berkesempatan melihat dari dekat pameran UMKM. Dilokasi Pantai Ngiroboyo, pria yang hobi berolahraga itu menyempatkan menyapa para pemancing dilanjutkan bermain bola voli pantai serta mencoba wahana air paddleboard Sungai Maron.

Sandiaga pun menyelutuk, untuk memberikan tantangan kepada Ibu Susi Pudjiastusi untuk lomba padling di Desa sendang, Pacitan. “Bagaimana jika kita tantang kembali ibu Susi untuk lomba padling?”kata Sandiaga

Dengan program yang tepat sasaran, tepat manfaat dan tepat waktu diyakini Desa Wisata Sendang akan semakin dikenal oleh wisatawan. Hal itu juga diharapkan akan bisa membangkitkan perekonomian, peluang usaha dan lapangan kerja semakin banyak tercipta.

"Kami dengan tegas dan lugas akan mendorong pengembangan sport tourism di desa ini, sebagai bagian dari wisata era baru.",kata Sandiga menutup acara di Pantai Ngiroboyo.

Sementara Bupati Pacitan Indrata Nur Bayuaji menyatakan gembira dengan penghargaan ini.

“Terima kasih karena Desa Sendang bisa masuk menjadi desa wisata. Kedepan akan ada desa-desa wisata lain yang akan mengikuti. Semangatnya sangat baik apa yang dibawa Mas Menteri jadi pariwisata itu berangkat dari bawah dan akan kembali ke masyarakat,” kata Bupati.

RELATED NEWS