IMG-LOGO
Home Halo Berita Dua Hal Ini Diduga J...

Dua Hal Ini Diduga Jadi Penyebab Merebaknya Hepatitis A di Pacitan

AZ - Senin, 1 Juli 2019 pukul 05.36
ilustrasi ilustrasi (sumber: istimewa)

Halopacitan, Jakarta— Direktur Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Kementerian Kesehatan Anung Sugihantono mengatakan dari penyelidikan epidemiologi dinas kesehatan kabupaten dan provinsi penyakit tersebut diperkirakan ditularkan melalui makanan atau kontaminasi air mengandung virus hepatitis A.

"Bisa dari air, ada Sungai Sukorejo yang membelah daerah kejadian hepatitis ini, dan atau penjual makanan yang menurut tradisi diedarkan dari satu desa ke desa lain. Namun ini masih perlu penjelasan lebih lanjut," kata Anung .

Dia menerangkan bahwa saat ini tim masih melakukan penelitian untuk mencari sumber penularan secara pasti.

Tim dari dinas kesehatan dan Kementerian Kesehatan menemukan masih adanya bakteri e coli dari air Sungai Sukorejo, walaupun Kabupaten Pacitan telah ditetapkan bebas dari perilaku masyarakat yang buang air besar (BAB) di sungai sejak 2017.

Selain itu juga ada dugaan penularan terjadi dari makanan yang dijual oleh penjaja keliling. Saat bulan Ramadhan masyarakat sekitar kasus banyak mengkonsumsi cincau yang dibawa oleh pedagang keliling, sementara media yang digunakan berupa air yang diduga menggunakan air yang tidak dimasak. Namun dugaan tersebut perlu dilakukan analisis epidemiologi lebih lanjut.

Pemerintah Kabupaten Pacitan telah menetapkan merebaknya kasus Hepatitis A tersebut sebagai kejadian luar biasa (KLB).