Dukcapil Pacitan, Hari ini Terapkan Pelayanan Daring

SP - Selasa, 31 Maret 2020 20:33 WIB
Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pacitan, Drs. Supardiyanto, M.M. undefined

Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Pacitan, mulai hari ini, Selasa (31/03/2020) memberikan pelayanan online/daring (dalam jaringan). Upaya ini dilakukan untuk menghindari antrean panjang dan memberikan kemudahan pada masyarakat di tengah pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pacitan, Drs. Supardiyanto, M.M., saat dikonfirmasi halopacitan, Selasa (31/03/2020) menyampaikan, “Upaya ini adalah untuk menghindari antrean panjang, menghindari masyarakat yang berdesakan, dalam rangka social dan physical distancing. Mulai hari ini kami berlakukan sistem online, sehingga masyarakat Pacitan tetap terlayani walaupun berproses dari rumah”.

Lebih lanjut, orang nomor satu di Dinas Dukcapil tersebut mengatakan, “Pelayanan dalam jaringan (online) ini kita terapkan mulai hari ini. Setiap hari kami layani mulai pukul 07.30 sampai dengan 13.00, dan kami batasi 100 nomor antrian. Saya menekankan agar pelayanan masyarakat dilakukan dengan cepat dan langsung jadi. Begitu selesai masyarakat akan diberitahu dan dikirim file PDF sehingga bisa dicetak sendiri di rumah dengan menggunakan kertas folio A4 80 gr”, imbuhnya.

Perlu diketahui bahwa berdasarkan pengumuman yang ditandatangani Kepala Dinas Kepedudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Pacitan, nomor 470/152/408.42/2020 tanggal 30 Maret 2020, bahwa dukcapil akan memberikan pelayanan secara online untuk pengurusan KK (Katu Keluarga), cetak KTP elektronik (bagi yang sudah perekaman) , kartu identitas anak, surat keterangan pindah dan datang, bisa menghubungi nomor pelayanan WA 089524152520. Untuk pengurusan akte kelahiran, akte pengesahan anak, akte kematian, akte perkawinan ke nomor WA 089524152521.

Saat ditanya berkaitan dengan rekam KTP (Kartu Tanda Penduduk) baru, Supardiyanto mengatakan, “Saat ini Dukcapil menghentikan sementara layanan yang langsung beriteraksi dengan orang. Mohon hal ini dipahami, karena demi kebaikan semua. Semoga pandemi yang melanda dunia termasuk negera kita ini segera berakhir”, pungkasnya.

Bagikan

RELATED NEWS