Empat Fakta Menarik Jalan Lintas Selamat (JLS) Pacitan

Halo Wisata 2 Jan 2020, By H. Yusuf Evendi
Empat Fakta Menarik Jalan Lintas Selamat (JLS) Pacitan (Halopacitan/H. Yusuf Evendi)

Awal tahun 2020 ini tim halopacitan mencoba melakukan penelusuran sekaligus jalan-jalan menuju Jalan Lintas Selatan (JLS) Pacitan. Kamis pagi (2/1/2020) tepat pukul 07.00 WIB Perjalanan dimulai dari Desa Hadiwarno Kecamatan Ngadirojo tepatnya di pertigaan Pucung. Penelusuran kali ini dimaksudkan untuk mengungkap fakta menarik yang ada di Jalan Lintas Selatan (JLS) Ngadirojo - Pacitan. Ruas jalan Lintas Selatan (JLS) Ngadirojo – Pacitan sepanjang 30 km yang menjadi objek pertama penelusuran tim halopacitan. Setidaknya Jalan Lintas Selatan Ngadirojo – Pacitan ini terbentang  di tiga kecamatan sekaligus yaitu Kecamatan Pacitan, Kebonagung dan Ngadirojo. Setelah penelusuran dilakukan ternyata jalan yang awal pengerjaannya sangat berat kerena mencoba menembus perbukitan dan hutan ini menyimpan fakta-fakta menarik. Berikut beberapa fakta menarik yang perlu diketahui tentang Jalan Lintas Selatan (JLS) Ngadirojo – Pacitan.

  1. Kondisi Jalan Sedikit Bergelombang

Hampir diseluruh wilayah Pacitan mengalami kondisi tanah bergerak. Faktor inilah yang menyebabkan Jalan Lintas Selatan JLS Ngadirojo – Pacitan mengalami kondisi bergelombang. Amblesnya tanah di sekitar ruas jalan mengakibatkan jalan turun permukaaannya dan imbasnya membuat kondisi aspal juga sedikit rusak. Dengan kondisi ini para pengendara wajib  hati-hati dan selalu mengendalikan kecepatanya kendaraanya, sebab jika tiba-tiba menemui jalan yang bergelombang dengan kecapatan tinggi maka resiko kecelakaan sangat tinggi.  

  1. Banyak Tikungan dan Tanjakan Tajam

Seperti jalan pada umumnya di wilayah Pacitan Jalan Lintas Selatan Ngadirojo – Pacitan juga memiliki banyak tikungan disertai dengan tanjakan yang cukup extrem. Salah satu tikungan dan tanjakan yang cukup membahayakan terletak di km 10 tepatnya di Desa Gawang Kecamatan Kebonagung, para pengendara harus menggunakan gigi rendah untuk dapat mengatasi tanjakan tersebut. Jadi bagi yang suka jalanan extrem patut mencoba tanjakan Gawang ini.

  1. Panorama dan Tempat Wisata

Pemandangan yang ditawarkan jika pengendara melewati jalan Lintas Selatan JLS Ngadirojo- Pacitan sengatlah luar biasa. Mulai area persawahan hijau, bukit dan hutan hingga view pantai Pacitan yang mempesona. Dengan banyak pemadangan yang mempersona, tak jarang para pengedara yang melintas melakukan foto selfi untuk sekedar mengabdikan moment. Spot foto favorit salah satunya di jalan yang langsung berada di pinggir Pantai Soge. Indah bukan?, Selain Pemandangan yang mempesona Jalan Lintas Selatan JLS juga merupakan jalur pariwisata, banyak pantai yang berada di sekitaran jalan ini di antaranya saja Pantai Taman, Soge, Watubale, Pindakan dan beberapa pantai lain.

 

  1. Jembatan dan Gapuro yang Unik

Jembatan dengan bentuk yang unik juga akan ditemukan di Jalan Lintas Selatan (JLS) Ngadirojo – Pacitan.  Sebuah jembatan warna biru akan terlihat Indah karena berada di seberang pantai Soge. Jembatan soge memiliki desain yang berbeda dengan jembatan pada umumnya. Sehingga jembatan ini juga cocok sebagai salah satu spot foto yang wajib dicoba pengendara yang melintasi jalan ini. Selain jembatan Jalan Lintas Selatan Pacitan juga memiliki gapura yang nyetrik, Gapura ini terletak di Desa Sirnoboyo dan satu lagi ada di Desa Ploso.

Sekilas ulasan mengenai empat fakta menarik Jalan Lintas Selatan (JLS) Ngadirojo – Pacitan akan membuat penasaran banyak orang yang belum pernah melewati jalan ini. Anda yang belum melewati jalan ini jangan ragu untuk sedekar jalan-jalan ke JLS  dan rasakan sediri kenikamatan perjalanan anda.

undefined

SP