Gaji Kurang? 5 Pekerjaan di Bidang Jasa Ini Bisa Menambah Penghasilan

Amirudin Zuhri - Senin, 07 Februari 2022 14:53 WIB
Gaji Hanya Numpang Lewat? Coba 5 Pekerjaan di Bidang Jasa yang Bisa Bikin Anda Makin Cuan (Freepik.com)

JAKARTA - Gajian tentu merupakan hal yang menyenangkan bagi Anda yang memiliki profesi sebagai karyawan. Akan tetapi, banyak juga orang yang bekerja sebagai karyawan merasa bahwa gaji hanya numpang lewat saja dan langsung habis tidak sampai akhir bulan.

Jika Anda mengalami masalah serupa, hal tersebut mungkin dapat menimbulkan stres karena Anda jadi merasa tidak pernah memiliki uang yang cukup untuk memenuhi kebutuhan dan membeli barang yang Anda butuhkan.

Selain belajar menabung dan menganggarkan, Anda bisa mengatasi gaji hanya numpang lewat dengan melakukan pekerjaan tambahan di bidang jasa yang ternyata bisa menambah penghasilan.

Berikut beberapa pekerjaan sampingan yang bisa Anda lakukan agar Anda bisa menabung dan gaji tidak hanya numpang lewat.

Menjadi Tentor Les Privat

Mengajar anak SD sampai SMA ternyata bisa Anda lakukan bagi Anda yang suka dan menguasai bidang pendidikan ini. Bahkan, saat pandemi ini les privat juga bisa Anda lakukan secara online. Selain memberikan kursus kepada anak-anak, Anda juga bisa mengadakan kelas untuk kemampuan yang Anda kuasai seperti kursus membuat tulisan yang baik, kursus SEO, kursus fotografi, edit video, atau kursus mengoperasikan software tertentu. Selain mudah untuk mengatur dengan jadwal pekerjaan full time Anda, pekerjaan di bidang jasa ini juga akan memberikan uang tambahan untuk Anda.

Fotografer

Fotografer saat ini tidak lagi hanya untuk memotret seseorang saja. Akan tetapi, kemampuan fotografi Anda juga bisa digunakan untuk memotret produk dari online shop seperti makanan, baju, sepatu, dan sebagainya. Gunakan peralatan yang saat ini ada untuk membangun portofolio Anda.

Mengikuti Program Afiliasi

Program afiliasi merupakan suatu metode pekerjaan yang akan memberikan Anda komisi jika Anda berhasil menjual suatu produk. Saat ini program afiliasi banyak dilirik oleh orang-orang apalagi yang memiliki pengikut banyak di media sosial karena dapat langsung menggunakan ‘pengaruhnya’ agar ada orang yang mau membeli barang yang berhasil dijual.

Mengisi Survei

Pekerjaan mengisi survei ternyata cukup menguntungkan dan bisa menambah penghasilan Anda dalam sebulan. Anda hanya cukup meluangkan waktu beberapa menit dan bisa memperoleh uang tunai setelah mengisi survei online.

Penerjemah

Kemampuan bahasa asing saat ini memang sangat memudahkan untuk mendapatkan uang tambahan. Bagi Anda yang menguasai bahasa asing seperti bahasa Inggris, Jepang, Mandarin, dan sebagainya peluang ini sangat cocok untuk Anda coba. Selain bisa menentukan rate card sendiri, Anda juga bisa menentukan jadwal pengerjaannya sehingga tidak akan mengganggu jam kerja full time Anda.

Itu tadi 5 pekerjaan di bidang jasa yang bisa Anda coba untuk nambah penghasilan sehingga gaji tidak hanya numpang lewat. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 06 Feb 2022

Editor: Amirudin Zuhri
Bagikan

RELATED NEWS