Gampang, Begini Cara Mendapatkan Vaksin Booster di Puskesmas

Dias Lusiamala - Selasa, 08 Februari 2022 18:54 WIB
Puskesmas Tanjungsari (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN- Di tengah meningkatnya kembali kasus positif Covid-19, vaksin booster menjadi salah satu hal yang ditekankan.

Dinas Kesehatan Pacitan melalui puskesmas tiap daerah melakukan pelayanan vaksinansi booster.Salah satunya Puskesmas Tanjungsari yang berada di Jalan Basuki Rahman No. 20, Tanjungsari.

Menurut Eka Cahya (40) salah satu petugas yang melayani vaksinasi booster menuturkan , puskesmas buka setiap senin-jumat dari pukul 07.00 – 11.00 WIB. “Vaksin boosternya ada sampai hari jumat. Kalau minggu depan kurang tahu, karena kami di sini hanya disetok vaksin sampai hari jumat, sudah dihitung berdasarkan data warga yang sudah pernah vaksin mbak,” katanya.

Warga yang sudah pernah terdaftar vaksin dosis 1 dan dosis 2 di Puskesmas Tanjungsari Pacitan bisa langsung datang ke lokasi puskesmas pada jam pelayanan. Syarat yang dibutuhkan hanya membawa foto copy kartu keluarga dan kartu tanda penduduk. Kemudian mengambil nomer antrean yang sudah disediakan oleh petugas. Ada tiga bilik vaksinasi yang disediakan di puskesmas ini.

Selama mengantre vaksin harap tetap mematuhi protokol kesehatan, mengenakan masker dan menjaga jarak.

Vaksinasi booster adalah vaksinasi Covid-19 setelah mendapatkan vaksinasi dosis pertama dan kedua. Vaksinasi booster bertujuan untuk mempertahankan tingkat kekebalan tubuh. Menurut data dari Dinas Kesehatan, jenis vaksin yang digunakan apabila dosis pertama dan kedua Sinovac maka akan diberikan vaksin ketiga AstraZeneca separuh dosis (0.25ml), atau diberikan vaksin Pfizer separuh dosis (0,15ml).

RELATED NEWS