Halo Warga Pacitan, Ini Ada Kredit Bank untuk Bangun Jaringan Air Bersih dan Sanitasi

Amirudin Zuhri - Senin, 17 Januari 2022 10:42 WIB
ilustrasi (istimewa)

PACITAN-Untuk memudahkan masyarakat mendapatkan air bersih dan membangun sanitasi, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan menggandeng water.org untuk memfasilitasi kerjasama dengan BPR Jatim dan Bank UMKM Jawa Timur untuk memberikan fasilitas kredit.

Pinjaman akan diberikan untuk perorangan dan kelompok masyarakat guna membangun sarana dan meningkatkan kualitas air minum dan sanitasi di Kabupaten Pacitan.

Pimsubdiv BPR Bank UMKM Jawa Timur Anang Suwitoyo pada Rembug Koordinasi di Dinkes, Jumat (14/01/2022) fasilitas kredit tersebut dapat digunakan untuk pembangunan dan perbaikan sarana, seperti pembelian water toren, pompa air, pipa sambungan rumah sebagai keberlanjutan program Pamsimas.

"Kredit tersebut bisa juga untuk pembangunan jamban dan peningkatan kualitas jamban, misalnya WC yang masih cemplung jadi model leher angsa," ungkap Anang.

Selama ini selain melalui Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas), sebagian besar pembiayaan untuk air minum dan sanitasi dilakukan oleh masyarakat secara mandiri sesuai dengan kemampuan dan sumber daya yang ada di masyarakat. Hal ini menjadikan sarana sanitasi yang dibangun masih jauh dari layak.

Anang juga menyampaikan bahwa dalam waktu dekat BPR melalui unit-unit yang ada di Kabupaten Pacitan siap berkolaborasi untuk sosialisasi kredit tersebut kepada masyarakat Kabupaten Pacitan.

RELATED NEWS