Harus Jatuh Bangun, Yasinta Kini Sukses Jual Coconut Chips Hingga Luar Negeri

Dias Lusiamala - Kamis, 17 Februari 2022 10:05 WIB

PACITAN-Yasinta Dwi (19) layak diacungi dua jempol. Di usianya yang masih sangat muda, gadis Pacitan ini sukses membuka usaha olahan kelapa. Produknya bahkan telah bisa menembus pasar internasional.

Yasinta membuka bisnis ini karena komoditas kelapa di Pacitan begitu melimpah. Bersama kakaknya, dia mengolah kelapa tersebut jadi olahan makanan sehat yang diberi nama Panji Coconut Chips. Kelapa yang Yasinta ambil berasal dari Arjosari dan juga Kebonagung, secara bergantian.

“Di pacitan belum ada produsen atau UMKM yang mengolah kelapa jadi chips seperti ini. Dan kami jadi yang pertama di Pacitan,” kata Yasinta kepada Halopacitan, Rabu (15/2/2022).

Usaha ini dimulai sekitar pertengahan 2019 pertengahan. Bukan hal yang mudah untuk Yasinta kala itu. Karena awal tahun 2020, Yasinta dan kakaknya harus merugi puluhan juta rupiah akibat pandemi.

Sempat rugi besar saat pandemi/Dias Lusiamala

“Produk yang kami produksikan sudah didistribusikan ke mana-mana, di toko oleh-oleh dan indomaret se-Pacitan. Karena pandemi akhirnya produk tidak terdistribusikan ke konsumen, nah dari situlah kerugian kami alami,” ujar lulusan SMKN 2 Pacitan ini.

Namun, Yasinta tak pernah menyerah dalam membangun bisnis coconut chips ini. Yasinta aktif membangun jaringan dengan mendaftar menjadi anggota di Kadin Jawa Timur, Dinas Perdagangan Pacitan, Dinas Koperasi dan Umkm, PLUT Pacitan.

Yasinta juga mengikuti komunitas OKE OCE dan aktif dalam program yang dilakukan OKE OCE, salah satunya progam kurasi untuk bisa memasarkan produknya ke pasar Turki.

Memanafaatkan kelapa Pacitan yang melimpah/Dias Lusiamala

Panji Coconut Chips sendiri adalah jenis makan sehat, karenanon kolestrol, jadi cocok untuk diet. Inilah yang membuat Panji Coconut Chips diminati hingga mancanegara, karena bisa jadi campuran makan yang enak dengan oat meal, roti, hingga susu.

Yasinta bisa memproduksi perbulan sebanyak 2000 pcs yang dijual di berbagia toko dan juga secara online melalui marketplace dan sosial media. Yasinta juga melayani pesanan khusus dari negara tetangga seperti Filliphina, Thailand dan Singapura. Dia memiliki empat karyawan untuk menjalankan usahanya tersebut.

Harga Panji Coocnut Chips ini beragam, untuk agen harga perpcs hingga ke konsumen akhir adalah Rp15.000. Untuk reseller dia memberi harga khusus.Produknya terdiri dari lima varian rasa yakni original, coklat, vanilla, pandan, dan nangka. Semua tersedia dalam satu ukuran 100gram.

Ingin bisa meningkatkan produksi/Dias Lusiamala

Harapan Yasinta kedepannya, bisa menambah kapasitas produksi agar mampu memenuhi permintaan pasar eropa sangat tinggi hampir 15 ton. Namun kapasitas produksi yang belum memadai. Maka kedepannya Yasinta bercita-cita, bisa mengembangkan pabrik coconut chips di Pacitan, dan memenuhi pasar internasional.

Siapa bilang sukses harus menunggu tua? Yasinta membuktikan bisa menjadi pengusaha di usia yang masih begitu belia. Sekali lagi dua jempol untuk Yasinta.

Editor: AZ

RELATED NEWS