Harus Tetap Produktif, Pacitan Bekali Difabel dengan Keterampilan

Amirudin Zuhri - Selasa, 19 Juli 2022 11:27 WIB
Pelatihan keterampilan untuk difabel oleh Dinsos Pacitan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN – Bukan eranya lagi penyandang disabilitas atau difabel menyerah dengan keadaan. Banyak yang bisa mereka lakukan untuk memiliki berbagai keahlian..

Di bawah kendali Dinas Sosial, Pemerintah Kabupaten Pacitan, mulai membuka kegiatan pelatihan ketrampilan bagi penyandang disabilitas yang usianya masih muda dan produktif.

Menurut Kepala Dinas Sosial, Sumoro Hadi, kegiatan ini dimaksudkan untuk memberi bekal ketrampilan bagi kelompok difabel, agar mereka bisa melakukan kegiatan yang bisa mendapatkan penghasilan.

“Mereka diharapkan bisa lebih mandiri dan tidak bergantung kepada orang lain,” kata Sumoro Hadi, usai membuka pelatihan bagi penyandang disabilitas di Gedung Karya Dharma, Senin (18/7/2022).

Sumoro Hadi juga menjelaskan bahwa, pelatihan dilaksanakan di shelter Dinas Sosial, selama 15 hari dengan melibatkan instruktur dari luar dan dari kalangan penyandang disabilitas itu sendiri.

“Setelah selesai pelatihan, para peserta akan di beri bantuan mesin jahit. Selanjutnya agar dipakai sebagai sarana untuk kegiatan dan berinovasi dalam meningkatkan produknya sesuai permintaan pasar,” terang Sumoro Hadi.

Harapannya dengan adanya pelatihan bagi para penyandang disabilitas ini, mereka menjadi lebih percaya diri dan kreatif untuk mengeksplore kemampuan yang dimiliki walau dalam keterbatasan.

RELATED NEWS