Hore, Puskesmas Kebonagung Kini Bebas Banjir

Amirudin Zuhri - Selasa, 28 Desember 2021 21:10 WIB
Peresmian gedung baru Puskesmas Kebonagung (Humas Pemkab Pacitan)

PACITAN- Puskesmas Kebonagung kini menempati gedung baru. Tidak hanya lebih representatif, Puskesmas kini bebas banjir. Sesuatu yang menjadi masalah hampir setiap tahun.

Gedung Puskesmas Kebonagung yang baru berada di Jalur Lintas Selatan (JLS) Jalan Raya Kebonagung Km. 6. Pada Selasa (28/12/2021) gedung diresmikan oleh Bupati Pacitan, Indrata Nur Bayuaji. Di hari yang sama pula, Bupati meresmikan ruang rawat inap Puskesmas Punung dan Puskesmas Pembantu Ngile yang juga selesai direhabilitasi.

Bupati turut menyampaikan semoga dengan dibangunnya kantor Puskesmas yang baru, bisa memberikan dampak signifikan terhadap pelayanan kesehatan, utamanya pelayanan bagi masyarakat Pacitan.

Selama ini Puskesmas Kebonagung memang menjadi langganan banjir. Hal ini karena lokasi tergolong rendah dan dekat dengan aliran sungai. Saat curah hujan tinggi sering mengakibatkan Puskesmas Kebonagung terendam. Akibatnya pelayanan kepada masyarakat terganggu.

“Relokasi Puskesmas ini dialihkan ke tempat yang lebih aman dan strategis supaya tidak mengganggu pelayanan kesehatan dan terhindar dari dampak yang tidak diinginkan,” ucap dr.TH Hendra Purwaka, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pacitan.

Menurutnya relokasi ini merupakan langkah tepat, melihat lokasi gedung yang rawan terdampak banjir terutama pada Kuartal ke-4 tiap tahunnya.

“Dari beberapa tahun kemarin banyak kerugian yang ditimbulkan, alat kesehatan, obat, dan dokumen penting, ludes ikut terendam banjir,” imbuhnya.

RELATED NEWS