Ibu Kota Nusantara Bakal Terhubung dengan Jalan Tol Bawah Air

Amirudin Zuhri - Selasa, 25 Januari 2022 11:20 WIB
Keren! Ibu Kota Nusantara Bakal Terhubung dengan Jalan Tol Bawah Air/foto: dok. Waskita Karya

JAKARTA – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana akan membuat jalan tol bawah air di teluk Balikpapan dengan ruas tol Balikpapan-Samarinda yang menghubungkan lokasi ibu kota negara (IKN) Nusantara di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim).

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan nantinya akan ada satu tempat yang menghubungkan IKN Nusantara dan saat akan menyeberangi sungai maka akan menggunakan terowongan penyeberangan bawah air. Jadi, semacam terowongan ditenggelamkan di laut atau di sungai sehingga kendaraan bisa melintas.

“Saat ini pengembangan jalan tol di bawah air tersebut masih dalam tahap perencanaan teknis secara rinci atau detail engineering design (DED),” kata Kepala BPJT Danang Parikesit dalam konferensi pers, Senin 24 Januari 2022.

Rencananya jalan tol bawah air untuk menyeberangi sungai atau muara dan akan menggunakan teknologi terowongan penyeberangan bawah air atau submersible crossing. Meski begitu, lokasi tempat pembangunan tol bawah air masih disiapkan.

Staf Ahli Menteri PUPR Bidang Teknologi, Industri, dan Lingkungan Endra S. Atmawidjaja menambahkan, pembangunan jalan tol di bawah air ini bertujuan untuk melindungi kawasan lindung serta menghindari daerah rawan yang ada di sana.

Selain itu, jalan tol bawah air juga bertujuan untuk memudahkan akses logistik agar memiliki jalan terdekat untuk menuju proyek pembangunan IKN nantinya.

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Liza Zahara pada 24 Jan 2022

Bagikan

RELATED NEWS