Ingin Berbisnis di Masa Pensiun? 5 Ide Ini Bisa Dicoba

Amirudin Zuhri - Jumat, 17 Juni 2022 13:38 WIB
5 Ide Bisnis Setelah Pensiun yang Menguntungkan dan Dapat Menghasilkan Uang (Pexels.com/Cottonbro)

JAKARTA - Masa pensiun bukan berarti tidak produktif. Banyak hal yang bisa dilakukan untuk tetap menghasilkan uang.

Anda bisa mencoba beberapa peluang ide bisnis berikut ini yang tetap dapat menghasilkan uang meski Anda sudah pensiun.

Menyewakan Kamar

Anda bisa menyewakan kamar atau sebagai kamar kost kepada orang lain yang membutuhkan. Hal ini tentu sangat dicari apalagi bagi Anda yang tinggal di kota besar, di mana banyak orang yang membutuhkan tempat untuk tinggal selama bekerja atau sekolah di kota tersebut.

Namun, jika Anda tidak ingin menyewakan ruangan tersebut untuk kamar kost, Anda bisa menyewakannya kepada pengusaha lokal yang mungkin membutuhkan ruang kantor yang murah dan fleksibel.

Berjualan Online

Jika Anda mahir dan hobi menemukan barang murah di toko barang bekas, atau memiliki koleksi barang antik, Anda bisa menyalurkan kemampuan Anda dengan menjadi penjual paruh waktu dengan berdagang barang tersebut secara online. Anda juga bisa menjualnya di forum jual beli seperti di Facebook karena sering kali tidak membebankan biaya penjualan.

Jika Anda memiliki bakat seni dan kerajinan, Anda bisa membuat perhiasan atau barang-barang dekorasi rumah untuk dijual di toko online Anda. Namun, Anda tetap harus menghitung biaya produksi, bahan pembuatan, ditambah tenaga kerja, lalu kalikan angka ini setikanya dua lalu teliti harga yang diberikan oleh pesaing Anda.

Memperbaiki Alat-alat

Jika Anda pandai memperbaiki barang-barang rumah,tangga, Anda bisa mencoba membuka jasa reparasi. Selain itu, Anda juga bisa mengerjakan hal tersebut di rumah.

Rental Kendaraan

Anda bisa menyewakan motor atau mobil sebagai cara untuk tetap mendapatkan pemasukan setelah pensiun. Usaha ini akan lebih laku jika Anda membukanya di tempat lokasi wisata atau di pusat keramaian.

Laundry

Ide bisnis ini juga bisa sebagai pilihan untuk Anda lakukan ketika sudah pensiun. Anda bisa merekrut karyawan untuk melakukan tugas di tempat laundry seperti mencuci baju, menggosok, dan melipat baju. Usaha ini sangat cocok untuk Anda buka di wilayah yang banyak orang berprofesi sebagai karyawan atau mahasiswa.

Itu tadi beberapa ide bisnis yang mungkin bisa menjadi pertimbangan untuk Anda lakukan ketika sudah pensiun nanti. Selamat mencoba!

Tulisan ini telah tayang di www.trenasia.com oleh Justina Nur Landhiani pada 17 Jun 2022

Bagikan

RELATED NEWS