Ingin Menikmati Indahnya Sunset? 5 Tempat di Pacitan Ini Wajib Didatangi

Dias Lusiamala - Selasa, 09 Agustus 2022 14:25 WIB
Sunset di Pantai Buyutan (Halopacitan/Dias Lusiamala)

PACITAN – Tak salah jika Pacitan dijuluki Paradise of Java. Daerah ini dianugerahi banyk wisata alam yang sangat mempesona.

Salah satu yang ditawarkan Pacitan adalah sunset yang begitu indah. Untuk mendapatkan momen indah itu ada beberapa tempat yang bisa dipiliih.

Nah di mana saja lokasi indahnya?

1. Pantai Teleng Ria

Pantai Teleng Ria berada di Desa Sidoharjo, Kecamatan Pacitan, atau hanya sekitar 15 menit dari pusat Kota Pacitan. Pantai ini menyuguhkan panorama sunset yang cantik. Jika cuaca sedang bagus, cerah, pengunjung bisa beruntung untuk melihat dan mengabadikan momen sunset yang terlihat bulat dan jelas.

2. Pantai Buyutan

Bergeser ke Barat dari pusat kota Pacitan. Ada satu pantai yang punya panorama sunset cantik, yakni Pantai Buyutan yang berlokasi di Dusun Tumpak Watu, Desa Widoro, Kecamatan Donorojo. Pantai Buyutan juga memiliki pasir putih yang bersih dengan garis pantai yang panjang.

Matahari yang terbenam di Pantai Buyutan ini, tampak semakin indah karena ada stupa karang yang berada di tengah laut. Banyak pengunjung yang rela bergantian mengantri untuk berfoto sunset di pantai ini.

3. Pantai Watu Karung

Nama Pantai Watu Karung tentu tidak asing lagi di telinga para pencinta olahraga selancar. Karena pantai yang berlokasi di Desa Watu Karung, Kecamatan Pringkuku, ini merupakan salah satu spot berselancar terbaik di Pacitan.

Tak hanya itu, pemandangan sunset di Pantai ini juga terkenal indah. Hampir sama dengan Pantai Buyutan, di tengah Pantai Watukarung ini juga terdapat karang, yang bentuknya seperti wajah.

4. Bukit Semar

Selain pantai, Pacitan juga dikeliling perbukitan dan pegunungan. Walau tak terlalu tinggi namun cukup indah untuk melihat matahari terbenam. Salah satunya Bukit Semar yang berlokasi di Desa Ponggok, Kecamatan Pacitan.

Di atas bukit ini, pengunjung bisa menikmati bentang alam yang serba hijau dan laut selatan di kejauhan. Selain menikmati matahari terbenam, pengunjung juga bisa menikmati momen matahari terbit dari sini.

5. Gunung Lanang

Satu lagi pegunungan di Pacitan yang bisa jadi lokasi untuk menikmati sunset dan sunrise di Pacitan, lokasi tersebut Gunung Lanang. Dataran tinggi ini berlokasi di Desa Mantren, Kecamatan Kebonagung, dan merupakan salah satu titik tertinggi di Pacitan.

Dari puncak Gunung Lanang, kamu bisa menikmati panorama alam Kabupaten Pacitan yang amat memukau. Lokasi ini juga menyajikan pemandangan alam yang lengkap.

Selain sunrise dan sunset, pengunjung yang datang juga bisa menikmati keindahan gemerlap lampu-lampu di Kota Pacitan saat malam hari. Tak heran kalau Gunung Lanang juga menjadi spot favorit untuk camping.

Nah, itulah tadi beberapa rekomendasi lokasi yang bisa dikunjungi untuk sekedar menikmati sunset terbaik di Pacitan.

RELATED NEWS