Ingin Menikmati Masa Kuliah? Simak Tips Kelola Finansial Bagi Mahasiswa

Halo Berita 22 Nov 2020, By Pamungkas
Ingin Menikmati Masa Kuliah? Simak Tips Kelola Finansial Bagi Mahasiswa (halopacitan/istimewa)

Proses Pendidikan di Perguruan Tinggi tentu akan menjadi salah satu fase penting. Di sinilah kedewasaan dan kecerdasan literasi menjadi pijakan. Terlebih mereka yang harus berpisah dengan keluarganya, karena menempuh pendidikan tinggi jauh dari kota asalnya.

Mahasiswa juga para calon mahasiswa harus tahu bahwa bahwa fase akan indah bila dimaknai sebagai proses belajar namun pada sebagian orang justru menjadi tekanan. Stres finansial pun kadang tidak terelakkan.

Dilansir dari TrenAsia.com,  ikuti tips yang dinukil dari Monrovia Weekly agar Anda bisa mendapatkan hasil maksimal saat menjalani kuliah.

Cari tahu cara membayar uang kuliah dan biaya hidup

Masuk perguruan tinggi untuk pertama kalinya memang sangat mengasyikkan, tetapi untuk memastikan bahwa uang tidak menghalangi Anda mendapatkan waktu dan pendidikan terbaik, Anda perlu memikirkan membayar uang kuliah.

Carilah beasiswa yang biasanya disediakan oleh pihak kampus atau pihak perusahaan atau lembaga lewat kampus. Anda juga bisa menelusuri informasi beasiswa di lembaga pemerintahan.

Susun anggaran dan pengeluaran

Anda mungkin tergoda untuk pergi keluar setiap malam dan bersenang-senang dengan teman-teman. Namun, ketahuilah bahwa biaya bersosialisasi Anda kemungkinan besar bertambah.

Untuk menghindari pengeluaran berlebihan, pastikan Anda menetapkan anggaran yang realistis dan menaatinya. Pengeluaran ini termasuk biaya sewa (kamar atau rumah), biaya makan minum, biaya beli buku, serta dana untuk bersosialisasi dan hiburan.

Anda juga harus menyisihkan dana darurat untuk peristiwa tidak terduga. Bila ada sisa dana, mulailah untuk menabung untuk masa pensiun.

Jika Anda memiliki kartu kredit, usahakan untuk melunasinya setiap bulan agar Anda tidak terkena denda dengan bunga tinggi.

Berhemat

Ketika Anda tinggal di rumah bersama orang tua, Anda mungkin tidak perlu memikirkan hal-hal seperti anggaran atau menabung. Namun, ketika Anda belajar di perguruan tinggi, Anda perlu memikirkan bagaimana Anda dapat menabung.

Anda bisa menghemat anggaran misalnya dengan tidak tergoda membeli ponsel terbaru. Mungkin juga Anda bisa membatalkan beberapa langganan yang tidak dibutuhkan.

Ketika ingin membeli barang tertentu, tanyakan pada diri Anda apakah Anda benar-benar membutuhkannya. Trik sederhana ini dapat membantu memastikan bahwa Anda tidak mengeluarkan uang berlebihan.

Nikmati pengalaman kuliah

Masa di perguruan tinggi adalah kesempatan sekali seumur hidup sehingga Anda ingin memanfaatkannya sebaik mungkin tanpa berlebihan. Habiskan waktu bersama teman-teman dengan mengatur acara bersama.

Selenggarakan makan malam bersama di rumah. alih-alih makan di luar setiap malam. Ini dengan tujuan untuk mencapai keseimbangan yang menyenangkan dengan pengeluaran Anda sehingga Anda tidak menghadapi tekanan finansial di masa depan.

 

undefined

SP